Operasi pengecilan payudara
Dok, saya menpunyai payudara yang cukup besar. Sebenarnya agak mengganggu saya. karena punggung saya agak bungkuk dan sampai bertanda di pundak saya. saya mendengar payudara tsb bisa dikecilkan melalui operasi. Apakah benar? bagian apa saja yang dihilangkan dalam operasi tsb? apakah operasi ini beresiko? dan kebetulan saya belum mempunyai anak, kalo misalnya dioperasi dan sesudahnya saya hamil ( kalo lagi hamil khan payudara tambah besar) apakah ini tidak masalah? terima kasih dok atas penjelasannya.( perempuan, 30 thn,158 cm,58 Kg)

Ibu / saudari yang terhormat,

Mammaplasti reduksi atau operasi pengecilan payudara dilakukan untuk mengurangi massa payudara yang terlalu besar dengan cara membuang kulit dan mengangkat jaringan payudara yang berlebihan. Payudara yang terlalu besar menimbulkan ketidak nyamanan fisik penampilan payudara secara keseluruhan kurang baik. Umumnya diameter areola ( bagian kulit yang berwarna agak gelap di sekitar puting ) dikurangi dan dikembalikan ke posisi yang benar.

Operasi ini dikerjakan dengan pembiusan umum dan berlangsung cukup lama, antara 3-4 jam. Yang dikurangi adalah kulit, lemak dan jaringan payudara sendiri. Setelah operasi, payudara menjadi lebih kecil dan mempunyai kekenyalan yang lebih baik (firm) dan besarnya lingkar areola juga diperkecil dan posisi puting menjadi seperti pada masa gadis lagi. Sayangnya operasi ini meninggalkan bekas luka yg memanjang dari sekitar areola kebawah sampai lipatan payudara, dan bagi wanita yang masih ingin mempunyai anak lagi dan menyusui akan terganggu proses menyusuinya karena sebagian kelenjar dan saluran menyusuinya terputus waktu operasi. Begitu juga sensifitas puting akan menurun.

Penelitian oleh Dr Alex Clarke, psikolog klinis dari Rumah Sakit Royal Free di London, menunjukkan bahwa pemakaian bra yang tidak tepat oleh perempuan berpayudara besar, dapat menyebabkan sakit punggung, leher, dan pundak. Ini terjadi karena bra tidak mampu menyangga beban. Berat payudara terbeban pada pundak saja, tidak dibagi dengan dada. Jadi sebenarnya dengan menggunakan bra yang tepat, anda dapat mengurangi ketidaknyamanan dan tidak perlu melakukan operasi reduksi payudara. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter bedah plastik apabila ingin melakukan prosedir ini.

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)