Rabu, 16 April 2014
Anak alergi butuh ke DSA?
Kedua anak saya umur 4.5 th dan 8.5 bln mengalami batuk pilek sudah hampir satu minggu, yang pertama mengalaminya adalah sang kakak lalu menyusul si adik. Kira2 selama musin hujan ini berlangsung kebetulan tempat tinggal kami terdapat didaerah yang cukup dingin juga. Kedua-duanya memiliki kemungkinan alergi kalau dilihat dari ayahnya yang mempunyai sinusitis, yang ingin saya tanyakan bila batuk pilek karena cuaca dingin tersebut perlu tidak di beri obat untuk anak yang besar saya memberinya actifed hijau sedangkan adiknya saya belum memberinya obat karena saya takut terlalu banyak kimia yg masuk ke dalam tubuhnya saya hanya memberinya vitamin sanbeplex sebanyak 0.3 ml per hari. Kira-kira tepat tidak cara yang saya lakukan tersebut, apakah saya tetap perlu membawanya ke DSA atau perlu tidak ke Spesialis alergi. Terima kasih atas jawaban yang diberikan.( perempuan, 29 thn,158 cm,48 Kg)

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Tindakan yang ibu lakukan saat ini sudah tepat. Apabila gejala batuk pilek dicurigai penyebabnya adalah alergi, maka obat yang diberikan adalah obat simptomatik atau obat untuk mengurangi gejala seperti yang sudah ibu berikan disertai peningkatan kekebalan tubuh. Apabila sudah bercampur dengan infeksi sekunder (gejalanya adalah demam 3-4 hari, lendir hidung atau batuk mengeluarkan dahak berwarna hijau) maka antibiotik baru dibutuhkan. Obat lain untuk mengurangi gejala alergi adalah antihistamin seperti CTM atau cetirizin.

Obat yang terbaik untuk alergi adalah menghindari pencetus, dalam kasus anak ibu kemungkinan adalah dingin. Karena ibu tinggal di daerah yang dingin, maka yang dapat dilakukan adalah membuat suasana rumah ataupun kondisi anak ibu tetap hangat dengan memakai sweater, tidur menggunakan selimut, makan makanan hangat, tidak menggunakan kipas angin/AC, dll.

Apabila gejala berlangsung terus menerus atau semakin memburuk, maka saya sarankan untuk membawa anak ibu ke DSA. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

Launch Full Site.
Live Chat