Minggu, 20 April 2014
Keluhan pada saraf wajah?
siang dok, saya mau tanya, saya punya keluhan pada saraf wajah saya yang membuat saraf wajahnya menjadi berkedutan terus menerus, menurut dokter saraf yang pernah saya datangi, beliau mengatakan ada saraf kelima di wajah saya yang terjepit oleh gigi saya yang belum tumbuh serta ada kelainan pada rahang saya. lalu solusinya seperti apa ya dok?ke dokter mana saya harus konsultasi lagi, ke dokter saraf atau ke dokter gigi? kira-kira kalau saya memasang kawat gigi, saraf wajah saya bisa kembali normal nggak ya?mohon di balas ke email saya dok. terimakasih banyak.( perempuan, 22 thn,160 cm,42 Kg)

Saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Ada beberapa keterangan yang sayangnya tidak Anda ceritakan, di antaranya sudah berapa lama kedutan tersebut terjadi. Kemudian, apakah kedutan tersebut terjadi hanya pada satu sisi wajah atau kedua-duanya? Di wajah sebelah manakah kedutan tersebut paling terasa, misalnya di daerah dahi dan mata, pipi, atau sekitar rahang bawah.

Syaraf kelima (disebut juga syaraf trigeminal)  adalah syaraf yang memberi sensasi di daerah gigi, rahang, telinga, sinus, dan kulit pada wajah. Syaraf ini juga mengatur otot pengunyahan. Apakah sebelumnya Anda pernah memeriksakan diri ke dokter gigi, atau melakukan pemeriksaan rontgen foto panoramik? Bila dari foto panoramik terlihat gigi molar (geraham) tiga impaksi maka bisa jadi ada kemungkinan syaraf tersebut terjepit oleh gigi oleh gigi impaksi tersebut (biasanya gigi geraham tiga yang terhalang tidak dapat tumbuh sempurna sehingga masih terbenam dalam tulang dan gusi) yang posisinya dekat dengan kanalis mandibularis.

Namun tentu saja ada kemungkinan lain, di mana kedutan tersebut tidak ada kaitannya dengan gigi. Misalnya saja spasme otot yang berkaitan dengan syaraf fasial (syaraf ketujuh), yang sering disebut facial spasm. facial spasm adalah kelainan neuromuskular yang tanda-tandanya juga adalah kontraksi otot namun biasanya hanya pada satu sisi wajah. Gejala awalnya umumnya kedutan hilang timbul yang terus menerus pada kelopak mata, yang lama kelamaan dapat menyebabkan mata sulit dibuka. Penyebabnya di antaranya karena adanya cedera otot wajah, dan juga dapat disebabkan oleh adanya pembuluh darah yang menekan pangkal syaraf wajah.

Saya menyarankan Anda berkonsultasi dengan dokter syaraf lain untuk mencari pendapat kedua, dan selanjutnya dilakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Saya rasa pemakaian kawat gigi tidak menyelesaikan masalah Anda, kecuali sudah dipastikan bahwa penyebabnya dari gigi dan perawatannya juga bukan dengan perawatan orthodontik.

Demikian saran saya, semoga dapat membantu Anda.

 Drg. Martha Mozartha

Launch Full Site.
Live Chat