Minggu, 20 April 2014
Siklus haid terlambat
Salam Hormat, Dok, nama saya Mega, umur 22Th,TB=160, BB=51 sebulan lalu tepatnya tanggal 6 Juni 2009 saya menikah. Mengapa hingga kini saya belum juga mendapatkan Menstruasi? berikut adalah tahapan-tahapan kronologisnya : - terakir Mens saya tanggal 22 Mei 2009 - siklus haid saya tidak teratur (antara 33 s/d 35 hari) namun pernah sampai mencapai 47 hari,bahkan sampai dengan hari ini mungkin lebih 47 hari. - selama ini kami selalu melakukan senggama terputus, yakni antara tanggal 7 Juni s/d 26 Juni 2009 (20 hari) dan baru mulai tanggal 27 Juni 2009 suami saya ejakulasi di dalam. - Klopun siklus terpanjang saya 35 hari,mengapa tanggal 27 Juni belum juga Menstruasi? - Tanggal 28 Juni dan 1 Juli saya memutuskan untuk Tespek dan hasilnya (-) - Tanggal 5 Juli saya periksa ke Bidan,setelah diperiksa hasilnya juga (-) dan ketika perut saya diperiksa belum juga ada tanda-tanda kehamilan,yang ada waktu itu tekanan darah saya rendah (100) lalu diberi vitamin penambah darah (Novabion) - Atas saran Bidan, saya disuruh Tespek lagi tanggal 9 Juli, dan hasilnya (-) lagi Dok,dan kalo s/d tanggal 22 Juli juga belum Mens,saya disuruh USG. pertanyaan saya,mengapa saya bisa telat Menstruasi seperti ini Dok? apakah kemungkinan saya stress? mengingat kami belum ada keinginan untuk memiliki momongan!sampai dengan detik ini saya gelisah memikirkan hal ini,takut terjadi apa2,dan kalopun (+) Hamil,saya juga tidak apa-apa kok,dan bisa menerima, yang kami takutkan adalah kelainan-kelainan dalam rahim saya Dok,Tolong Dokter bagaimana saya menyikapi hal ini?( perempuan, 22 thn,160 cm,51 Kg)

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kondisi anda saat ini disebut dengan oligomenorea yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Terdapat beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini, antara lain adalah pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertama, pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia), obesitas, stres psikologis, aktivitas berlebih seperti atlit, gangguan indung telur, kekurangan vitamin K, penggunaan obat-obatan tertentu, kelainan pembekuan darah, gangguan hormon tiroid, dsb.

Apabila anda masih mengalami gangguan siklus haid lebih lanjut kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi. Oligomenore pada wanita muda paling banyak disebabkan karena ketidak seimbangan hormonal. Apabila hasil pemeriksaan laboratorium untuk hormon hCG memang negatif maka kemungkinan akan dilakukan USG.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (TRH)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

Launch Full Site.
Live Chat