5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 12 Des 2016, 11:34 WIB
Apakah Anda kehabisan ide tempat liburan si Kecil? Berikut ini adalah 5 tempat liburan anak yang bukan hanya menarik tetapi juga menyehatkan di Jakarta.
5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

Jelang akhir tahun biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk liburan. Entah bersama teman atau dengan keluarga. Bahkan tak jarang para orangtua sengaja mengatur waktu cuti di akhir tahun agar dapat mengajak anak-anaknya berlibur.

Beberapa orangtua sengaja merencanakan liburan bersama keluarga ke luar kota atau luar negeri. Tapi sebenarnya, Anda bisa mengajak si Kecil menikmati tempat-tempat menyenangkan di Jakarta. Apalagi jika Anda tak punya banyak waktu untuk cuti.

Tenang saja, dengan panduan dari KlikDokter, Anda tidak perlu khawatir kehabisan ide tempat liburan. Berikut ini beberapa tempat liburan anak yang menarik dan menyehatkan di Jakarta.

1 of 6

5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

  1. Taman Suropati

Terletak di Menteng, Jakarta Pusat, taman ini merupakan salah satu taman yang penuh pohon dan memiliki air mancur di Jakarta. Di taman ini, anak-anak dapat berlari-lari dan berkeliling dengan sepeda pribadi sambil berjemur di bawah sinar matahari yang tidak terik.

Salah satu hal menarik di Taman Suropati adalah adanya puluhan burung merpati yang bertengger dan menantikan makanan dari anak Anda. Datanglah berkunjung ke taman ini sebelum pukul 8 pagi dengan membawa beras atau biji-bijian untuk makanan burung.

Saat beras atau biji-bijian ditaburkan di atas tanah, puluhan burung merpati akan turun dan memakannya. Setelah kenyang, kumpulan burung merpati tersebut akan terbang menari dan menyajikan pemandangan yang menarik bagi anak-anak. Anda pun bisa menjadikannya objek foto yang menarik.

Sumber: http://www.koran-jakarta.com/wp-content/uploads/2016/06/taman-suropati.jpg

2 of 6

5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

  1. Ecopark Ancol

Bila Anda mencari tempat bermain bagi anak sekaligus tempat berolahraga yang nyaman bagi orangtua, Ecopark Ancol adalah pilihan yang tepat. Dengan tanah seluas 33,6 hektar dan dilengkapi dengan tanaman hijau yang langka, Ecopark memiliki banyak area untuk jenis olahraga berbeda-beda

Bila ingin berjalan atau jogging, ada jogging track khusus yang disediakan. Bila ingin mengajak anak bersepeda, Ecopark juga menyediakan tempat penyewaan  sepeda untuk keluarga.

Enggan mengayuh sepeda? Ada penyewaan untuk sepeda elektrik dan buggy car yang pasti menarik perhatian anak Anda. Tak hanya itu, di dalam Ecopark juga disediakan wahana rekreasi seperti perahu, pertunjukan laser di malam hari, kolam ikan koi, dan tempat memberi makan fauna.

Untuk masuk ke dalam Ecopark, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan selain biaya untuk tiket masuk Ancol sebesar Rp 25.000/orang. Bagi Anda yang membawa bayi atau balita, sebaiknya membawa stroller karena kawasan ini sangat luas.

Sumber: http://jakarta.panduanwisata.id/files/2014/04/40-ecopark-ancol.jpg

3 of 6

5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

  1. Taman Margasatwa Ragunan

Setelah ditata ulang oleh Pemerintah Propinsi DKI beberapa tahun terakhir, Taman Margasatwa Ragunan menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang luas, bersih, dan penuh pepohonan di daerah Jakarta Selatan dapat dijangkau dengan mobil, kereta, atau bus Trans Jakarta.

Selain memiliki koleksi binatang yang cukup lengkap untuk diperkenalkan pada anak, kebun binatang yang luas ini juga cocok untuk dijadikan tempat jogging atau bersepeda.

Bila Anda berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu, ada tempat penyewaan sepeda tandem yang cocok bagi keluarga. Selain itu, anak Anda dapat menunggang kuda poni, gajah, atau menaiki delman.

Pihak pengelola juga mengatur pedagang makanan yang berjualan di dalam kawasan Taman Margasatwa ini dengan cukup rapi. Sebagian besar pedagang menjual nasi pecel dengan sayuran yang ‘menggunung’ untuk disajikan kepada pengunjung.

Biaya untuk masuk ke Taman Margasatwa Ragunan bisa dibilang sangat ramah di kantong. Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp 4.000/ orang.

Sumber: http://jakartakita.com/wp-content/uploads/taman-margasatwa-ragunan-kebun-binatang1.jpg

 

4 of 6

5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

  1. Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara

Bertempat di daerah Cibubur, Taman Lalu Lintas Saka Bhayangkara ini dibuat untuk memperkenalkan rambu-rambu lalu lintas dan profesi polisi pada anak. Hal ini nampak dari lukisan besar di dinding yang memperlihatkan gambar polisi yang sedang menggandeng anak-anak disertai tulisan “Polisi Sahabat Anak”.

Taman Lalu Lintas ini tidak terlalu ramai, bersih dan cukup terawat. Yang menarik di taman ini  adalah anak diajari mengenai aturan berlalu lintas langsung oleh Polisi dan menggunakan cara yang menarik. Carnya adalah dengan mengendarai gokart atau sepeda.

Sebelum anak mengendarai gokart atau sepeda, Polisi yang bertugas akan menjelaskan dahulu rambu-rambu yang harus dipatuhi, serta pentingnya perlengkapan dalam berkendara. Kegiatan ini sangat menarik dan cocok dipelajari anak yang berusia 6 tahun ke atas. Namun demikian, balita juga bisa bersenang-senang di sini dengan bermain di taman bermain yang luas.

Sumber: http://assets.kompas.com/data/photo/2014/08/05/1026453dhanang-taman-lalu-lintas780x390.jpg

5 of 6

5 Tempat Liburan Anak Yang Menyehatkan di Jakarta

  1. Bus Tingkat Wisata dan Monas

Berlibur ke Monas mungkin sudah menjadi hal yang biasa. Namun berlibur ke Monas sambil menikmati naik bus tingkat wisata yang akan menjemput penumpang dari Monas akan menjadi hal yang menarik bagi anak Anda.

Sejak tahun 2014, pemerintah Propinsi DKI Jakarta menyediakan bus tingkat yang menyediakan City Tour Jakarta. Bus yang diberi nama Mpok Siti ini tidak berhenti di sembarang tempat. Ia hanya berhenti di beberapa halte tertentu, yang salah satunya adalah halte Monas.

Ajak anak Anda untuk berkeliling Monas di pagi hari, sambil memberi makan rusa yang ada di taman. Setelah matahari cukup terik dan anak-anak mulai berkeringat, Anda dan keluarga dapat menunggu Mpok Siti di halte untuk membawa Anda sekeluarga berkeliling Jakarta.

Di dalam bus, ada pemandu yang akan menjelaskan situs-situs menarik yang dilewati di sepanjang perjalanan. Supaya lebih merasakan sensasi naik bus tingkat, ajak anak Anda untuk duduk di tingkat dua dari bus tersebut ya.

Sumber: http://assets.kompas.com/data/photo/2014/02/25/0905029bus-2780x390.jpg

Menarik, bukan? Yuk rancang liburan yang menyehatkan bagi anak di Jakarta. Tentu anak Anda akan menyenanginya.

(RH)

Baca Juga:

Lanjutkan Membaca ↓

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter