8 Barang yang Harus Dibawa Saat Liburan dengan Anak

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 31 Des 2016, 11:40 WIB
Agar liburan dengan anak tetap aman, nyaman, dan menyenangkan, pastikan Anda membawa barang-barang berikut ini.
8 Barang yang Harus Dibawa Saat Liburan dengan Anak

Libur telah tiba! Apakah di momen liburan tahun ini Anda akan berwisata dengan anak? Jika ya, pastikan Anda sudah mengetahui barang apa saja yang harus dibawa saat liburan nanti.

Berlibur dengan anak memang perlu banyak persiapan. Selain mempersiapkan perlengkapan pribadi, Anda juga harus mempersiapkan seluruh perlengkapan yang dibutuhkan anak Anda.

Dalam mempersiapkan perlengkapan liburan anak, pastikan Anda tidak lupa untuk mengikutsertakan:

  1. Payung/jas hujan

Jangan biarkan hujan merusak liburan Anda bersama anak-anak. Bawalah payung atau jas hujan saat liburan, agar anak tetap dapat beraktivitas dengan aman meskipun hujan sedang turun.

  1. Krim tabir surya (sunscreen)

Bila hendak berlibur di daerah yang cukup terik, tabir surya dapat mencegah kulit anak terbakar dan terasa perih akibat paparan sinar matahari berlebihan. Pastikan untuk mengoleskan krim tabir surya 15 menit sebelum anak Anda beraktivitas.

  1. Tisu dan hand sanitizer

Liburan kerap menyebabkan anak terserang diare. Umumnya, penyakit ini terjadi akibat kebersihan tangan yang tidak terjaga. Karena air mengalir tidak selalu tersedia di tempat liburan, pastikan Anda selalu membawa tisu dan hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan anak.

  1. Termometer

Anak bisa saja mengalami demam saat berlibur. Termometer dapat membantu Anda memeriksa suhu tubuh anak saat ia terlihat tidak sehat.

  1. Obat-obatan

Obat-obatan yang perlu dibawa saat berlibur bersama anak adalah obat penurun panas (parasetamol atau ibuprofen), oralit, minyak telon atau minyak kayu putih, dan perlengkapan P3K –seperti kasa, perban, povidon iodine atau antiseptik lainnya, serta plester.

  1. Obat antinyamuk (repellent)

Bila berlibur di negara tropis –termasuk di Indonesia, anak berisiko tergigit nyamuk yang dapat menularkan penyakit. Untuk menghindarinya, oleskan repellent pada kulit anak di saat pagi dan malam hari.

  1. Topi dan jaket

Meskipun bepergian ke tempat yang tidak dingin, topi dan jaket sebaiknya senantiasa dibawa. Tujuannya agar anak tetap merasa nyaman, meskipun berada pada suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin.

  1. Resume kesehatan anak

Untuk berjaga-jaga seandainya anak perlu dibawa ke dokter saat berlibur, sebaiknya Anda membawa resume kesehatan anak saat ini. Resume ini biasanya berisi informasi tentang penyakit yang pernah dialami, riwayat imunisasi yang telah dilakukan, dan alergi makanan/obat-obatan tertentu.

Barang yang harus dibawa saat liburan dengan anak sangat simpel, bukan? Jangan sampai lupa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, ya!

Selamat berlibur!

(NB/RH)         

Baca Juga:

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter