Susah Fokus Saat Kerja? Mungkin Anda Kurang Piknik!

Oleh dr. Theresia Rina Yunita pada 03 Mar 2017, 13:57 WIB
Susah fokus saat kerja bisa bikin produktivitas terhambat. Apa penyebabnya?
Susah Fokus Saat Kerja?  Mungkin Anda Kurang Piknik!

Klikdokter.com, Jakarta Seberapa sering Anda susah fokus saat bekerja? Baru saja membuka email kantor, tangan sudah beralih ke ponsel untuk membuka sosial media. Kemudian, saat ingin kembali ke pekerjaan, konsentrasi Anda buyar lagi ke bazaar yang sednag digelar di mal.

Jika sering mengalaminya, tenang saja karena Anda tidak sendirian. Faktanya, para pekerja kantoran memang sering mengalami susah fokus dan stres. Hal ini dapat berkaitan erat dengan kurangnya waktu liburan.

Data dari sebuah studi menunjukkan bahwa sebanyak 57% pekerja tidak menggunakan kesempatan berlibur saat sudah menjelang akhir tahun. Selain itu, hampir 92% bekerja overtime 40 jam per minggu.

Karena itu, mari seimbangkan waktu bekerja dan liburan Anda. Tidak harus liburan yang mahal, piknik ke taman kota juga tak kalah seru.

Ajak serta keluarga atau teman-teman dekat untuk potluck. Sambil berbagi makanan dan cerita, Anda bisa menikmati pemandangan hijau dan udara segar. Hati dan pikiran Anda pun lega seketika!

Harvard Medical School mengemukakan bahwa ketika pikiran Anda senang dan rileks, maka keahlian baru akan muncul. Anda pun mampu mengingat sesuatu dengan lebih cepat.

Sekembalinya dari piknik atau liburan, ide-ide baru pasti akan muncul dengan ‘riang’ dan tak terbatas. Motivasi diri dan konsentrasi pun akan meningkat tanpa harus Anda paksa.

Selain menyehatkan mental, liburan juga bermanfaat untuk kesehatan fisik. Misalnya: menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Yuk, luangkan waktu Anda untuk piknik atau liburan agar ‘penyakit’ susah fokus bisa hilang. Jadi, mau ke mana weekend ini?

[RS/ RH]