Cara Mengobati Gigi yang Telanjur Sensitif

Oleh Klikdokter pada 05 Apr 2017, 07:55 WIB
Gigi terasa ngilu saat makan es krim atau menyikat gigi? Bisa jadi Anda memiliki gigi sensitif.
Cara Mengobati Gigi yang Telanjur Sensitif

Klikdokter.com, Jakarta Satu dari tujuh pasien yang pergi ke dokter gigi dapat mengalami gigi sensitif, meski mereka mungkin tidak menyadarinya. Sebelumnya, apa itu gigi sensitif?

Para ahli mendefinisikan gigi sensitif sebagai rasa nyeri tajam pada gigi yang bersifat sementara. Gigi sensitif ini timbul akibat terbukanya dentin (bagian dalam gigi yang lembut).

Akibatnya, gigi menjadi lebih sensitif terhadap rangsang kimia, perubahan suhu, dan tekanan. Misalnya, jika terkena minuman yang dingin, atau bahkan saat menyikat gigi.

Kondisi gigi sensitif dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Jika Anda menyikat gigi terlalu kuat dan secara horizontal, lapisan email gigi di bagian leher gigi dapat terkikis. Hal ini akan menyebabkan lapisan dentin terekspos, yang kemudian berujung pada gigi sensitif.

Hilangnya lapisan email karena gesekan gigi dan erosi gigi juga bisa mengakibatkan gigi sensitif. Selain itu, gigi sensitif dapat terjadi setelah pembersihan karang gigi.

Penanganan untuk gigi sensitif bergantung pada tingkat keparahan sensitivitas gigi. Tapi intinya, perawatan ditujukan untuk mengurangi sensitivitas dengan cara menutup lapisan dentin yang terbuka.

Cara yang paling konservatif adalah dengan menggunakan pasta gigi yang dirancang khusus untuk gigi sensitif. Pastikan pasta gigi tersebut mengandung bahan aktif (seperti fluoride) dan mineral (seperti kalsium, natrium, fosfat, dan silikat). Ion-ion ini akan membantu mencegah reaksi saraf terhadap nyeri.

Anda bisa menggunakan pasta gigi Sensodyne sebagai solusi untuk gigi sensitif Anda. Setiap produk Sensodyne mengandung fluoride dan memberikan manfaat yang lengkap. Seperti meredakan ngilu, melindungi gigi sensitif selama 24 jam, merawat gigi berlubang, dan memberikan kesegaran.

Tak hanya itu, produk Sensodyne juga memiliki varian yang sangat beragam. Anda bisa menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan.

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang.

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan membantu mengembalikan putih alami gigi.

  • Sensodyne® Cool Gel

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan menyegarkan mulut.

  • Sensodyne® Original

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif 24 jam setiap hari dan gigi lebih bersih.

  • Sensodyne® Gum Care

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan melindungi gusi.

  • Sensodyne Total Care

    Perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif, 24 jam setiap hari.

  • Sensodyne® Repair & Protect

    Dengan teknologi Novamin, dapat membentuk kembali lapisan mineral gigi untuk melindungi gigi sensitif.

  • Sensodyne® Rapid Relief

    Pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk melindungi gigi sensitif secara cepat.

Di samping memilih pasta gigi, cara penyikatan gigi juga perlu diperhatikan. Hindari menyikat gigi keras-keras dan dengan tekanan berlebihan.

Sikatlah gigi secara vertikal dengan sedikit memutar memijat gusi. Ini berguna untuk merontokkan plak di daerah leher gigi serta mencegah terkikisnya lapisan email gigi.

Pada kasus yang lebih berat, mungkin diperlukan tindakan profesional oleh dokter gigi. Biasanya dokter akan menanganinya dengan bahan tambal, terapi laser, hingga bedah periodontal. Semoga gigi sensitif Anda dapat hilang secepatnya!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter