Cara Mengatasi Gigi Ngilu Saat Buka Puasa

Oleh Klikdokter pada 04 Mei 2017, 17:18 WIB
Awas, menyantap makanan dan minuman manis atau dingin saat berbuka puasa dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi yang sensitif.
Cara Mengatasi Gigi Ngilu Saat Buka Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Waktu berbuka puasa menjadi saat yang paling dinanti- nanti banyak orang selama bulan suci Ramadan. Anda pun tentu sudah tak asing lagi dengan petuah agar Anda berbuka dengan yang manis.

Inilah salah satu alasan mengapa makanan dan minuman manis merupakan sajian berbuka yang memiliki banyak penggemar. Namun bagaimana dampaknya bagi kesehatan tubuh?

Manis dan dingin

Meski banyak diminati, ternyata menyantap makanan dan minuman manis atau dingin saat berbuka dapat menyebabkan rasa ngilu pada gigi yang sensitif. Apalagi selama berpuasa produksi air liur jauh berkurang dan menyebabkan suasana rongga mulut menjadi asam serta meningkatkan risiko sensitivitas pada gigi.

Berbuka dengan makanan manis yang penuh dengan gula justru berdampak buruk terhadap kesehatan. Mengapa?

Saat berpuasa, kadar gula darah akan menurun. Bila Anda berbuka dengan makanan manis secara berlebihan, bisa- bisa kadar gula darah akan langsung melonjak. Hal ini menyebabkan tubuh makin cepat menghasilkan respon insulin.

Semakin tinggi respons insulin, maka tubuh semakin banyak menimbun lemak. Tak heran sebagian orang berpuasa bukannya menyebabkan penurunan berat badan justru yang terjadi malah sebaliknya.

Harus bagaimana?

Ada cara mudah melakukannya. Anda bisa mengubah menu saat berbuka dan juga saat sahur. Alih-alih mengonsumsi segala macam makanan yang kaya gula, berbukalah dengan air putih terlebih dulu. Kemudian mengonsumsi beberapa butir kurma. Kurma merupakan buah yang bernutrisi sangat tinggi tapi berkalori rendah.

Jagalah selalu kebersihan gigi dan mulut. Perhatikan caa menyikat gigi dengan cara dan gerakan yang benar terutama sebelum tidur dan setelah menyantap sahur.

Bingung memilih pasta gigi yang nyaman dan aman? Anda bisa mencoba Sensodyne. Pasta gigi ini dipercaya dapat meredakan ngilu serta melindungi gigi sensitif selama 24 jam.

Tak hanya itu, beragam varian produk Sensodyne dapat Anda pilih sesuai kebutuhan, seperti:

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang.

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan membantu mengembalikan putih alami gigi.

  • Sensodyne® Cool Gel

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan menyegarkan mulut.

  • Sensodyne® Original

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif 24 jam setiap hari dan gigi lebih bersih.

  • Sensodyne® Gum Care

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan melindungi gusi.

  • Sensodyne Total Care

    Perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif, 24 jam setiap hari.

  • Sensodyne® Repair & Protect

    Dengan teknologi Novamin, dapat membentuk kembali lapisan mineral gigi untuk melindungi gigi sensitif.

  • Sensodyne® Rapid Relief

    Pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk melindungi gigi sensitif secara cepat.

Segera beli dan gunakan selalu pasta gigi Sensodyne di pagi dan malam hari. Pasta gigi ini akan membantu mengatasi gigi ngilu serta memberikan nafas segar selama bulan puasa. Dengan begitu, Anda dapat percaya diri untuk beraktivitas selama bulan suci Ramadan.

(DA/ RH)