Efek Buruk Menyikat Gigi Terlalu Keras

Oleh KlikDokter pada 31 Mei 2017, 10:32 WIB
Bukannya sehat, gigi yang disikat terlalu keras malah bisa rusak.
Efek Buruk Menyikat Gigi Terlalu Keras

Klikdokter.com, Jakarta Menyikat gigi memang dilakukan setiap hari. Sayangnya, tak semua orang mengerti tekniknya yang benar.

Berdasarkan Comprehensive Preventive Dentistry, waktu yang dibutuhkan untuk menyikat gigi adalah 2 menit. Namun, penelitian menyebutkan bahwa rata- rata orang menyikat gigi hanya 33 detik.

Agar gigi bersih dalam waktu singkat, sering kali orang memberikan tekanan yang keras saat menyikat gigi. Jika Anda penganut cara tersebut, segeralah ubah.

Pasalnya, menyikat gigi terlalu kencang dapat membuat gusi turun dan sebagian akar gigi terbuka. Alhasil, gigi bisa menjadi sensitif.

Saat gigi sensitif, rangsangan dalam bentuk dingin, panas, tekanan, udara dapat membuat gigi ngilu. Misalnya, ketika Anda makan es krim atau bahkan karena embusan napas sendiri.

Faktor- faktor lain penyebab gusi turun adalah terlalu sering menyikat gigi, teknik menyikat gigi secara horizontal, dan kekakuan bulu sikat gigi. Menyikat gigi terlalu lama dan jarang mengganti sikat gigi juga ikut berpengaruh.

Anda memiliki dua- tiga faktor tersebut? Atau jangan- jangan malah semuanya? Waspadalah dengan kerusakan yang lebih berat lagi: abfraksi gigi.

Pada kondisi ini, terjadi kerusakan struktur jaringan keras pada daerah akar gigi yang terbuka. Tandanya berupa cekungan di atas gusi. Biasanya berwarna lebih kekuningan. Menurut penelitian, 84.6% penderita abfraksi juga memiliki gigi sensitif.

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk mencegah gigi sensitif, perhatikanlah cara Anda menyikat gigi. Berikan tekanan secukupnya dan lakukan secara vertikal dengan sedikit memutar memijat gusi.

Selain itu, pilihlah pasta gigi Sensodyne sebagai solusi untuk mencegah dan mengatasi gigi sensitif. Setiap produk Sensodyne mengandung fluoride, bahan aktif yang dapat mencegah kerusakan gigi. Gigi akan lebih tahan terhadap serangan asam dari bakteri plak dalam mulut.

Pasta gigi ini dapat membantu meredakan ngilu, melindungi gigi sensitif selama 24 jam, merawat gigi berlubang, dan memberikan kesegaran. Tak hanya itu, Sensodyne juga memiliki varian yang sangat beragam.

Beberpa varian Sensodyne yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan antara lain:

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan mencegah gigi berlubang

  • Sensodyne® Fresh Mint with Flouride

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan membantu mengembalikan putih alami gigi

  • Sensodyne® Cool Gel

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan menyegarkan mulut

  • Sensodyne® Original

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif 24 jam setiap hari dan gigi lebih bersih

  • Sensodyne® Gum Care

    Melindungi dari rasa ngilu karena gigi sensitif dan melindungi gusi

  • Sensodyne Total Care

    Perlindungan dan perawatan menyeluruh untuk gigi sensitif, 24 jam setiap hari

  • Sensodyne® Repair & Protect

    Dengan teknologi Novamin, dapat membentuk kembali lapisan mineral gigi untuk melindungi gigi sensitif

  • Sensodyne® Rapid Relief

    Pasta gigi yang diformulasikan khusus untuk melindungi gigi sensitif secara cepat

Dengan Sensodyne, Anda tak perlu takut lagi dengan masalah gigi ngilu. Ritual menyikat gigi pun jadi lebih menyenangkan. Bye-bye gigi sensitif!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter