3 Makanan Enak Pemicu Gigi Sensitif

Oleh KlikDokter pada 01 Jun 2017, 08:35 WIB
Gigi Anda sensitif? Hati-hati dengan tiga makanan ini!
3 Makanan Enak Pemicu Gigi Sensitif

Klikdokter.com, Jakarta Gigi sensitif merupakan masalah pada gigi yang sering dijumpai. Namun, tidak sedikit orang yang menganggapnya wajar.

Padahal, kondisi ini bisa mengganggu aktivitas seseorang. Anda akan merasa tidak nyaman saat makan, minum, menyikat gigi, bahkan saat bernapas.

Jika gigi Anda sensitif, berhati-hatilah dalam memilih makanan. Karena beberapa jenis makanan bisa membuat gigi mudah ngilu. Contohnya adalah tiga makanan ini:

  1. Acar

    Makanan pelengkap ini banyak disukai karena rasanya yang segar.

    Ada juga yang menganggapnya sebagai ‘penyeimbang’ ketika menyantap makanan berlemak, sehingga membuat rasa bersalah agak berkurang. Tapi sayang, kandungan cuka pada acar dapat membuat gigi mengalami erosi.

  2. Orange squash atau lemon squash

    Minuman yang menyegarkan ini ternyata memiliki kombinasi yang sukses membuat gigi jadi sensitif!

    Kandungan vitamin C yang tinggi dalam jeruk dan lemon memang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi jika ditambah soda dan gula maka dapat mengiritasi langsung saraf gigi.

  3. Es krim

    Menikmati es krim sebagai hidangan penutup adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh para sweet tooth. Tapi, es krim mengandung kadar gula tinggi yang dapat membuat gigi tambah sensitif.

Pada orang yang memiliki gigi sensitif, lapisan email yang berfungsi sebagai pelindung sudah mengalami kerusakan. Akibatnya, suhu dingin dari es krim bisa sangat mengganggu.

Agar gigi sensitif tidak bertambah parah, hindarilah makanan-makanan tersebut. Selain itu, cara Anda menyikat gigi juga perlu diperhatikan.

Sikatlah gigi dua kali sehari, dengan gerakan vertikal dan sedikit memutar memijat gusi. Pilih bulu sikat yang lembut dan pasta gigi ber-flouride yang dapat mengurangi ngilu pada gigi. Semoga membantu!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter