Kiat Jitu Atasi Pegal saat Mudik

Oleh KlikDokter pada 05 Jun 2017, 11:32 WIB
Saat mudik untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga, tubuh mungkin saja terserang pegal dan nyeri. Berikut kiat mengatasinya.
Kiat Jitu Atasi Pegal saat Mudik

Klikdokter.com, Jakarta Mudik. Anda pasti menantikan hal ini jelang Hari Raya Idul Fitri. Anda yang merantau pasti berkeinginan merayakan hari raya bersama keluarga tercinta.

Supaya bisa meraih kenikmatan tersebut, Anda mungkin harus menempuh perjalanan panjang untuk pulang ke kampung halaman. Tak jarang, badan pun menjadi pegal dan nyeri.

Untuk mengatasi keluhan tersebut, Anda bisa menerapkan beberapa kiat berikut ini:

  1. Cari posisi duduk yang paling nyaman

    Perjalanan mudik biasanya memakan waktu berjam-jam. Karena itu, hindarilah posisi duduk yang tidak nyaman. Carilah posisi duduk yang memungkinkan Anda dapat duduk dengan santai.

    Hindari posisi duduk yang saling berhimpitan. Anda dapat menambahkan bantal pada bagian tertentu, seperti bagian leher dan punggung.

  2. Carilah hiburan selama perjalanan

    Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa pegal selama perjalanan mudik. Anda dapat membaca buku, mendengarkan musik, atau menonton film untuk mengalihkan perhatian Anda.

  3. Lakukan peregangan

    Anda dapat melakukan peregangan selama berada di mobil, kereta, atau pesawat. Contohnya, gerakkan kepala ke kiri dan ke kanan, lalu regangkan tangan dan kaki Anda.

    Jika memungkinkan, Anda dapat memarkir mobil sejenak di rest area, kemudian keluarlah dari mobil untuk menghirup udara segar. Regangkan berbagai otot tubuh saat berdiri, lalu ambilah waktu sejenak untuk berjalan di sekitar rest area.

  4. Pijatan

    Anda dapat melakukan pijatan pada leher atau kaki. Jika bepergian bersama keluarga, Anda dan keluarga dapat saling memijat untuk mengurangi rasa penat di perjalanan.

  5. Gunakan pakaian yang nyaman

    Jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat dengan bahan yang tidak nyaman saat mudik. Gunakanlah pakaian dengan bahan katun atau wool yang menyerap keringat. dan cukup longgar sehingga tubuh dapat bergerak dengan leluasa.

Agar mudik terasa nyaman, kiat di atas tentu bisa Anda coba agar terhindar dari pegal. Kalau rasa pegal masih muncul, tak ada salahnya mengonsumsi obat pereda nyeri.

Panadol Ekstra bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah Anda. Selain dapat membantu meredakan sakit, sakit kepala, dan menurunkan demam.

Tak hanya itu, obat ini juga membantu meredakan sakit pada otot dan nyeri yang mengganggu. Panadol Ekstra ramah bagi lambung jika diminum sesuai dosis dan aturan pakai. Kini, Anda tidak perlu takut lagi dengan masalah pegal selama mudik.

[BA/ RH]