Memilih Hidangan Lebaran Tanpa Khawatir Masalah Kesehatan

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 12 Jun 2017, 11:40 WIB
Jangan sampai beragam hidangan Lebaran membuat masalah kesehatan baru pada diri Anda.
Memilih Hidangan Lebaran Tanpa Khawatir Masalah Kesehatan

Klikdokter.com, Jakarta Idul Fitri segera tiba. Anda tentu sudah membayangkan ragam hidangan lebaran yang nikmat dan menggoyang lidah, bukan?

Sesuai tradisi di Indonesia, opor, rendang, gulai daging, kue-kue manis, dan minuman bersoda adalah beberapa hidangan Lebaran wajib. Meski menggoda dan membuat rasa lapar di perut semakin semrawut, sebaiknya Anda berhati-hati.

Mengapa harus hati-hati? Sebab hidangan Lebaran umumnya mengandung santan, lemak, kalori yang tinggi, serta serba manis. Jika jenis makanan tersebut dikonsumsi dalam jumlah berlebih, maka kadar kolesterol Anda akan meningkat. Artinya, risiko penyakit jantung, dan stroke juga akan meningkat.

Nah, agar risiko penyakit berbahaya gara-gara hidangan lebaran tidak hinggap di diri Anda, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Menahan diri

    Menahan diri bukan berarti Anda tidak boleh makan hidangan Lebaran sama sekali. Anda hanya perlu mengurangi porsinya agar tidak berlebihan.

  2. Atur pola makan

    Sedikit namun sering. Itulah pola makan yang dianjurkan saat lebaran. Selain itu, Anda juga harus mengatur pola makan di waktu siang dan malam. Apa maksudnya?

    Maksudnya, jika siang hari Anda mengonsumsi makanan bersantan dan berlemak, maka di malam hari Anda sebaiknya tidak mengonsumsi kembali jenis makanan tersebut. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi sayur, buah-buahan, atau oatmeal.

  3. Jangan lupakan olahraga

    Libur bekerja bukan berarti libur olahraga. Apalagi di saat Lebaran, Anda cenderung kalap menikmati berbagai hidangan lebaran.

    Oleh karena itu, pastikan Anda olahraga minimal 30 menit sehingga kondisi tubuh tetap sehat dan pembakaran kalori lebih optimal. Dengan ini, Anda akan terhindar dari risiko lonjakan kolesterol akibat makanan bersantan dan berlemak.

  4. Mengenyangkan perut dengan makanan sehat

    Untuk menghindari makan berlebihan, saat sarapan sebaiknya Anda konsumsi makanan sehat yang membuat perut kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda dapat mengendalikan diri ketika berhadapan dengan makanan berkolesterol saat makan siang.

    Makanan sehat yang dapat Anda konsumsi saat sarapan, misalnya serealia gandum, oatmeal dengan topping buah, telur rebus dan roti gandum, atau camilan kacang almond dan buah potong.

Semoga kiat di atas dapat membantu Anda terhindar dari masalah kesehatan akibat mengonsumsi hidangan Lebaran. Ingat, Lebaran tak harus membuat tubuh Anda menjadi lebar-an!

(NB/ RH)