Kiat Mengatasi Masalah Kulit Karena Stres

Oleh dr. Kartika Mayasari pada 13 Jun 2017, 07:32 WIB
Stres bisa memengaruhi kesehatan seluruh organ tubuh, termasuk kulit. Berikut ini cara mengatasi masalah kulit yang muncul karena stres.
Kiat Mengatasi Masalah Kulit Karena Stres

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda memperhatikan bahwa tubuh mengalami banyak keluhan saat stres? Salah satu keluhan yang muncul yaitu masalah kulit. Saat stres, Anda bisa berhadapan dengan kulit yang gatal, berjerawat, berminyak, dan lainnya.

Stres dapat menyebabkan tubuh memproduksi hormon kortisol dan hormon lainnya, yang memicu kelenjar sebasea untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Padahal kulit yang berminyak lebih rentan terhadap jerawat dan masalah lainnya.

Selain itu, stres juga bisa memperburuk keluhan psoriasis. Psoriasis adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis dan membuat penderitanya mengalami pergantian kulit yang sangat cepat.

Saat stres, imunitas tubuh akan menurun secara drastis, sehingga dapat memicu infeksi dan kambuhnya alergi. Stres juga bisa menyebabkan gatal-gatal, jenis ruam kulit lainnya, dan memicu kulit melepuh.

Jika memiliki masalah kulit yang tidak kunjung sembuh, hal tersebut mungkin terjadi karena stres. Meski sulit menghindari stres, ada beberapa cara yang lebih baik untuk menangani masalah kulit tersebut, yaitu:

  1. Menjaga kebersihan kulit

    Anda perlu menjaga kebersihan kulit dengan menghapus sisa riasan, mencuci muka sebelum tidur, dan menggunakan pelembap serta tabir surya.

  2. Olahraga teratur

    Anda harus berolahraga secara teratur. Olahraga penting untuk menjaga kesehatan kulit dan bagian tubuh lainnya. Yoga juga dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi stres.

  3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

    Anda perlu meluangkan waktu untuk diri sendiri untuk melakukan aktivitas favorit. Bahkan jika hanya mampu meluangkan waktu sepuluh menit, Anda bisa memanfaatkannya untuk berjalan-jalan atau pergi ke salon.

  4. Tidur yang cukup.

    Anda perlu tidur cukup yaitu tujuh sampai delapan jam setiap malam.

Ingat, stres dapat mempengaruhi kesehatan seluruh organ dan bagian tubuh, termasuk kulit. Stres memicu reaksi kimiawi di tubuh, sehingga membuat kulit lebih sensitif dan reaktif. Untuk mengatasi masalah kulit yang muncul karena stres, Anda dapat menerapkan beberapa cara di atas, ya.

[BA/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter