Inilah Fakta Pahit di Balik Manisnya Gula

Oleh dr. Rio Aditya pada 13 Jun 2017, 09:41 WIB
Tahukah Anda, fakta berbicara bahwa konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung?
Inilah Fakta Pahit di Balik Manisnya Gula

Klikdokter.com, Jakarta Makanan dan minuman yang manis memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Namun di balik kenikmatannya, ternyata konsumsi gula berlebihan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Apa saja dampak negatif tersebut?

  • Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

    Berdasarkan studi jurnal JAMA Internal Medicine tahun 2014, konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah.

    Selain itu, gula yang berlebihan juga dapat meningkatkan pembentukan lemak di hati, peningkatan produksi trigliserid, dan LDL. Ketiganya merupakan faktor utama terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

    Konsumsi yang tinggi juga sangat berhubungan dengan peningkatan indeks massa tubuh (IMT), yang pada akhirnya menjadi obesitas.

  • Meningkatkan Risiko Diabetes

    Kebiasaan konsumsi gula yang berlebihan, dapat menurunkan fungsi organ pankreas dan mengurangi produksi insulin. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas untuk mengatur metabolisme gula. Alhasil, terjadilah penyakit diabetes, dimana kadar gula di dalam darah menjadi tinggi.

  • Menurunkan Kualitas Sperma

    Studi yang dilansir dalam American Journal of Public Health tahun 2007 menemukan bahwa kebiasaan konsumsi soft drink, berpengaruh terhadap kualitas sperma.

    Laki-laki yang mengonsumsi soft drink berlebihan, cenderung memiliki kualitas sperma yang rendah dibandingkan dengan laki-laki yang tidak mengonsumsi soft drink.

    Kualitas sperma yang menurun ditunjukkan dengan menurunnya produksi serta berkurangnya pergerakan sperma. Hal ini menjadi salah satu penyebab kemandulan pada pria.

  • Gigi Berlubang

    Akumulasi gula pada gigi menjadi media yang sempurna untuk tumbuhnya bakteri. Bakteri yang bertumbuh subur pada lingkungan ini menyebabkan kerusakan pada lapisan gigi hingga akhirnya menjadi karies atau gigi berlubang.

  • Merusak Kulit

    Gula yang berlebihan dapat membuat kulit Anda menua lebih cepat. Akumulasi gula yang berlebihan ini menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin kulit. Dengan rusaknya kedua komponen tersebut, maka kulit menjadi lebih kering, kusam dan tidak kencang lagi.

Segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan. Karena itu konsumsilah gula secara wajar.

(DA/ RH)