3 Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Kulit

Oleh KlikDokter pada 13 Jun 2017, 13:49 WIB
Ada begitu banyak faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit, salah satunya ekspos sinar matahari. Lantas apa lagi faktor lainnya?
3 Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Kondisi kulit bisa berubah seiring berjalannya waktu. Beberapa perubahan yang mungkin terjadi pada kulit antara lain kulit berkerut, berjerawat, dan berminyak.

Wanita biasanya akan resah bila hal itu menimpa kulit wajah mereka. Untuk mengatasinya, ketahui terlebih dahulu beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit.

  1. Internal

    Faktor internal yang memengaruhi kondisi kulit adalah genetik, stres, alkohol, kurang tidur, kurang asupan vitamin dan nutrisi, dehidrasi, kehilangan kolagen dan elastin. Selain itu penurunan produksi melanin, dan perubahan hormon juga turut memengaruhi.

    Beberapa faktor seperti genetik, kehilangan kolagen dan elastin, dan penurunan produksi melanin memang tidak bisa diubah atau dihindari. Karena itu, konsumsi vitamin dan nutrisi yang baik untuk kulit dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan memperlambat terjadinya kerusakan.

  2. Eksternal

    Faktor eksternal ini dapat dihindari. Faktor eksternal meliputi matahari atau sinar ultraviolet, radikal bebas, asap rokok, asap udara lainnya, kondisi cuaca yang buruk, perawatan yang kurang baik, dan penyalahgunaan produk.

    Sebelum merawat kulit, penting untuk mengetahui jenis kulit Anda. Perawatan yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru dapat memperburuk kondisi kulit.

  3. Mekanikal

    Faktor mekanikal adalah faktor kinetik atau pergerakan yang dapat memengaruhi kulit seperti ekspresi wajah, posisi tidur, dan kegiatan merokok. Ekspresi wajah yang berlebihan seperti sering mengerutkan dahi atau cemberut karena sering marah atau sedih dapat menimbulkan garis nyata atau kerutan pada kulit wajah Anda.

Memang, banyak sekali faktor yang dapat memengaruhi kesehatan kulit, termasuk kulit wajah. Bila ingin memiliki kulit yang senantiasa sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan kaya nutrisi dan membersihkan kulit secara rutin.

Untuk membersihkan kulit, pastikan Anda menggunakan produk pembersih yang tepat. Seperti Wardah Pure Brightening Cleanser White Secret Pure Brightening Cleanser. Ini adalah losion pembersih yang membantu mengangkat kosmetik, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit.

Teksturnya yang ringan dan lembut membantu mengurangi minyak berlebih dan kotoran serta tetap menjaga kelembapan kulit. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan Wardah Facial Wash with AHA berkhasiat membersihkan kulit dari sisa make-up dan kotoran, tetapi tetap menjaga kelembapan kulit.

Agar hasilnya maksimal, aplikasikan Wardah White Secret Day Cream dengan SPF 35 PA +++. Produk ini turut membantu melembapkan, mencerahkan, dan melindungi wajah dari sinar ultraviolet A dan B.

Wardah White Secret Day Cream mengandung crystal white active yang membantu mengoptimalkan proses pencerahan sekaligus mempertahankan hasilnya lebih lama. Hasilnya, kulit terasa halus dan tampak bercahaya.

Untuk memiliki kulit yang sehat dan bercahaya, Anda harus mengenali terlebih dahulu faktor yang dapat mengganggunya. Dengan demikian, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan. Selain itu, maksimalkan usaha Anda dengan menggunakan produk perawatan yang tepat.

[BA/ RH]