Ingin Miliki Kulit Sehat? Makanlah Makanan Ini

Oleh KlikDokter pada 13 Jun 2017, 14:01 WIB
Tidak hanya melalui perawatan, kulit sehat juga bisa diraih dengan mengonsumsi makanan sehat.
Ingin Miliki Kulit Sehat? Makanlah Makanan Ini

Klikdokter.com, Jakarta Kesehatan kulit tidak hanya ditentukan oleh perawatan. Asupan nutrisi dari makanan ternyata juga memengaruhi kesehatan kulit. Dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini, Anda bisa senantiasa memiliki kulit sehat.

Makanan apa saja yang Anda perlukan? Berikut beberapa di antaranya:

  1. Antioksidan

    Antioksidan dapat membantu menjaga kesehatan kulit dengan mencegah dan memperlambat proses perusakan akibat radikal bebas. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung antioksidan untuk melindungi kulit secara maksimal.

    Lutein adalah antioksidan yang baik untuk kulit. Anda bisa memperolehnya dari kuning telur, jagung manis dan sayuran hijau seperti bayam.

    Selain lutein, coenzim Q10 juga merupakan antioksidan yang dibutuhkan kulit. Makanan yang kaya akan CoQ10 adalah ikan salmon, sarden, dan makarel. Selain itu bisa didapat juga dari hati, kacang tanah, dan gandum untuh.

  2. Selenium

    Mineral selenium membantu melindungi sel kulit dari kerusakan karena radikal bebas dan mengurangi bintik-bintik penuaan. Studi pada hewan membuktikan bahwa kekurangan selenium meningkatkan risiko kerusakan kulit karena sinar ultraviolet B.

    Lalu makanan apa yang memiliki kandungan selenium? Makanan laut seperti ikan tuna, kacang Brazil, ikan tuna, roti gandum, daging, dan ayam dikenal kaya akan kandungan mineral yang satu ini.

  3. Vitamin A, C, dan E

    Studi menemukan bahwa pada penderita kanker kulit non-melanoma memiliki vitamin A yang lebih rendah. Memang benar, vitamin A bermanfaat memberikan nutrisi untuk kulit dan menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Makanan yang kaya akan vitamin A yaitu wortel, ubi jalar, sayuran hijau, dan cabe merah.

    Sementara itu, vitamin C kaya akan antioksidan dan baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C terlibat dalam pembentukan kolagen yang merupakan struktur penting pada kulit.

    Vitamin C juga melindungi kulit dari sinar matahari. Vitamin yang satu ini mudah didapat dari buah dan sayur seperti jeruk, buah beri (stroberi dan blackcurrant), paprika, papaya, kiwi, dan brokoli.

    Seperti halnya vitamin C, vitamin E juga merupakan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari. Selain itu, vitamin E memiliki sifat anti radang dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

    Makanan yang kaya akan vitamin E adalah minyak nabati ganda tak jenuh (seperti minyak bunga matahari, jagung dan kedelai), kacang-kacangan, biji-bijian, buah zaitun, bayam, asparagus, dan sayuran hijau.

  4. Asam lemak

    Asam lemak omega 3 dan 6 membantu mempertahankan lapisan minyak natural kulit yang melindungi kulit dari kekeringan. Sumber asam lemak yaitu minyak bunga matahari, jagung, biji rami (flaxseed), kacang kenari, ikan salmon, ikan sarden, ikan makarel, dan rumput laut.

  5. Minyak zaitun

    Minyak zaitun mengandung antioksidan polifenol dan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Minyak zaitun extra-virgin memiliki kandungan antioksidan tertinggi. Minyak ini identik dengan diet gaya Mediterania.

    Mengonsumsi minyak zaitun dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit Anda. Namun, jangan menggunakan minyak ini untuk melembapkan kulit. Hal ini justru dapat menjebak bakteri dan debu di kulit Anda.

Jadi, sudah jelas bahwa kesehatan kulit bisa diraih dengan mengonsumsi makanan sehat. Supaya hasilnya optimal, Anda juga perlu merawat kulit menggunakan produk yang tepat.

Salah satu produk perawatan yang bisa Anda gunakan adalah Wardah White Secret Day Cream dan Wardah White Secret Night Cream. Keduanya dapat membantu melembapkan, mencerahkan, dan menyamarkan noda hitam di kulit wajah.

Selain itu Anda pun bisa menggunakan Wardah White Secret Day Cream dengan SPF 35 PA +++. Produk yang satu ini membantu melembapkan, mencerahkan, dan melindungi wajah dari sinar ultraviolet A dan B. Hasilnya, kulit tampak halus dan bercahaya.

Jadi, tunggu apa lagi? Miliki kulit sehat sekarang juga dengan mengonsumsi makanan yang dibutuhkan kulit. Jangan lupa, gunakan produk perawatan yang tepat untuk kulit Anda.

[BA/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter