Sebelum Merawat, Kenali Dahulu Jenis Kulit Anda

Oleh KlikDokter pada 13 Jun 2017, 14:32 WIB
Setiap orang memiliki cara perawatan kulit yang berbeda-beda, bergantung pada jenis kulitnya. Tapi bagaimana cara mengenali jenis kulit?
Sebelum Merawat, Kenali Dahulu Jenis Kulit Anda

Klikdokter.com, Jakarta Kulit mulus, lembut, dan cerah adalah impian semua wanita. Untuk mendapatkan kulit seindah itu dibutuhkan perawatan yang baik. Namun, cara merawat kulit pada masing-masing orang berbeda-beda bergantung pada jenis kulitnya. Karena itu penting untuk terlebih dahulu mengenali jenis kulit Anda.

Berikut ini adalah lima jenis kulit yang Anda perlu tahu:

  1. Normal

    Tipe kulit normal memiliki kandungan air dan minyak yang seimbang. Ciri-cirinya yaitu tidak memiliki atau hanya sedikit kerusakan seperti komedo atau jerawat, tidak sensitif, pori-pori tak terlihat membesar, dan kulit bercahaya.

  2. Kombinasi

    Kulit kombinasi memiliki sebagian daerah yang kering dan sebagian sebagian lainnya berminyak. Bagian yang paling sering berminyak biasanya area hidung, kening, dan dagu.

    Penyebab terbentuknya kulit kombinasi cukup beragam; mulai dari keturunan, ketidakseimbangan hormon, atau cuaca. Ciri-ciri kulit kombinasi yaitu pori-pori membesar, berkomedo, dan pada beberapa area terlihat mengilap.

  3. Kering

    Kulit kering dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan), usia, hormon, cuaca (angin, sinar matahari, dingin), suhu ruangan yang panas, kebiasaan mandi pakai air panas, obat-obatan, zat pada sabun, atau kosmetik.

    Ciri-ciri kulit kering adalah pori-pori tidak terlihat, kusam dan kasar, kurang elastis, garis kulit terlihat jelas, kulit dapat menjadi serpihan, retak, terkupas, mudah gatal, teritiasi, atau meradang (merah).

  4. Berminyak

    Kulit berminyak sering ditemukan pada kaum muda. Jenis kulit ini memproduksi minyak berlebih.

    Kulit berminyak dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, pubertas, stres, antibiotik terpapar panas, dan terpapar udara terlalu lembap. Ciri-ciri kulit berminyak yaitu pori-pori membesar, kusam atau mengilap, kulit tebal, berkomedo, berjerawat, dan berbintik.

  5. Sensitif

    Pemilik jenis kulit ini harus mencari tahu apa penyebabnya. Biasanya kulit sensitif sering disebabkan oleh produk perawatan kulit seperti sabun mandi, deterjen, kosmetik mata, dan pelembap kulit.

    Ciri-ciri kulit sensitif adalah kulit kering, kemerahan, terasa gatal, dan muncul sensasi terbakar.

Jenis kulit seseorang dapat berubah seiring berjalannya waktu. Terdapat beberapa faktor lain yang memengaruhi jenis kulit yaitu kandungan air, lemak, dan level sensitivitas.

Sementara itu, kandungan air dan lemak pun dapat memengaruhi elastisitas dan kelembutan kulit. Bila sudah mengetahui jenisnya, Anda bisa segera merawat kulit Anda. Misalnya, dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Contohnya, untuk merawat kulit kering dan berminyak, Anda bisa menggunakan Wardah Pure Brightening Cleanser White Secret Pure Brightening Cleanser. Ini adalah losion pembersih yang membantu mengangkat kosmetik, kotoran, dan minyak berlebih pada kulit.

Wardah Pure Brightening Cleanser White Secret Pure Brightening Cleanser memiliki tekstur yang ringan dan lembut. Produk ini dapat membantu mengurangi minyak berlebih dan kotoran serta tetap menjaga kelembapan kulit.

Lalu, lengkapi perawatan wajah dengan menggunakan Wardah Facial Wash with AHA. Produk yang satu ini berkhasiat membersihkan kulit dari sisa kosmetik dan kotoran, sekaligus menjaga kelembapan kulit.

Supaya hasilnya maksimal, aplikasikan Wardah White Secret Day Cream dengan SPF 35 PA +++. Pelembap wajah ini akan membantu melembapkan, mencerahkan, dan melindungi wajah dari sinar ultraviolet A dan B.

Wardah White Secret Day Cream mengandung crystal white active yang membantu mengoptimalkan proses pencerahan sekaligus mempertahankan hasilnya lebih lama. Hasilnya, kulit terasa halus dan tampak bercahaya.

Ingat, setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara perawatannya berbeda dan harus disesuaikan dengan jenis kulit masing-masing orang. Pastikan Anda mengenali jenis kulit Anda agar dapat melakukan perawatan yang sesuai.

[BA/ RH]