Kiat Jitu Atasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa

Oleh KlikDokter pada 13 Jun 2017, 14:34 WIB
Kulit kering mungkin saja terjadi selama bulan puasa. Berikut ini cara mengatasinya.
Kiat Jitu Atasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Selama bulan puasa, tubuh akan lebih cepat kekurangan cairan. Demikian pula dengan kulit. Ditambah dengan cuaca panas, kulit kering sangat mudah terjadi saat bulan puasa. Namun tak perlu khawatir, berikut ini beberapa kiat jitu untuk mengatasinya:

  1. Banyak minum air putih

    Kulit kering selama bulan puasa bisa diatasi dengan cara menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik. Anda perlu banyak minum air putih, minimal delapan gelas saat sahur dan buka puasa.

    Akan lebih baik lagi bila Anda minum infused water. Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan air dengan potongan buah atau sayuran seperti timun, daun mint, dan lemon.

    Selain mampu melembapkan kulit, minuman ini juga akan memberikan berbagai vitamin dan mineral untuk tubuh. Sebaiknya Anda menghindari minum kopi, teh, atau soda karena kafein akan membuat tubuh kekurangan cairan.

  2. Perawatan kulit

    Sebelum merawat kulit, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit Anda. Merawat kulit sesuai dengan jenis kulit sangat penting dilakukan setiap hari, terutama saat bulan puasa.

    Selain itu, gunakan pelembap saat pagi dan malam, setelah membersihkan wajah. Jangan lupa mengoleskan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet. Anda juga bisa menambahkan krim malam untuk membantu memperbaiki sel kulit wajah.

  3. Jangan mengaplikasikan kosmetik terlalu tebal

    Kosmetik mengandung bahan kimia yang mungkin berbahaya bagi kulit. Saat kulit mengering di bulan puasa, Anda sebaiknya menghindari pengaplikasian kosmetik yang tebal atau berlebihan.

    Selain itu, kombinasi sinar matahari dan kosmetik yang tebal dapat merusak kulit. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kosmetik yang dapat melembapkan kulit seperti BB cream atau lip balm yang mengandung tabir surya.

  4. Mengonsumsi makanan sehat untuk kulit

    Makanan sehat untuk kulit dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit. Antioksidan dari buah beri dan sayur hijau baik untuk melawan radikal bebas yang merusak sel kulit.

    Kacang-kacangan seperti almon, mete, dan pistachio mengandung mengandung asam lemak baik, vitamin, dan omega 3, 6 dan 9 yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

Kulit kering mungkin saja terjadi selama bulan puasa. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa kiat di atas. Selain itu, gunakan juga produk perawatan yang tepat.

Wardah White Secret Day Cream dan Wardah White Secret Night Cream bisa menjadi produk pilihan Anda. Keduanya dapat membantu melembapkan kulit.

Wardah White Secret Day Cream dengan SPF 35 PA +++ membantu melembapkan, mencerahkan, dan melindungi wajah dari sinar ultraviolet A dan B. Sedangkan Wardah White Secret Night Cream melembapkan, mencerahkan, dan menyamarkan noda hitam di kulit wajah. Hasilnya, kulit tampak halus dan bercahaya.

Puasa tak harus menjadi penghalang bagi Anda untuk memiliki kulit yang sehat dan segar. Dengan mengetahui kiat perawatan kulit yang tepat, Anda pun akan terbebas dari masalah kulit kering yang sering mengganggu di bulan suci ini. Selamat menunaikan ibadah puasa.

[BA/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter