Perubahan Kondisi Kulit yang Sering Terjadi di Bulan Puasa

Oleh KlikDokter pada 16 Jun 2017, 16:19 WIB
Salah satu ‘kejutan’ yang terjadi pada bulan puasa adalah kondisi kulit yang berubah.
Perubahan Kondisi Kulit yang Sering Terjadi  di Bulan Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Berpuasa memberikan banyak efek positif bagi tubuh. Salah satunya pada organ terbesar di tubuh Anda, yakni kulit.

Ya, berpuasa ternyata dapat mengurangi masalah pada kulit. Contohnya pada kontak dermatitis atau iritasi kulit karena kontak dengan bahan-bahan tertentu. Pada studi yang menggunakan tikus, peneliti menemukan pengurangan bengkak kulit setelah berpuasa.

Ada juga kasus wanita dengan urtikaria kronis (biduran selama lebih dari 6 minggu). Keluhannya terlihat berkurang setelah berpuasa dan kembali setelah berhenti berpuasa.

Beberapa pengamatan juga melaporkan kondisi jerawat dan eksim kulit yang membaik dengan berpuasa. Menurut para ahli, saat berpuasa tubuh dapat mengurangi ‘fokus’ pada sistem pencernaan, sehingga dapat beregenerasi di bagian-bagian lainnya seperti kulit.

Namun demikian, berpuasa pun tetap harus dilakukan secara sehat. Salah satunya dengan memperhatikan asupan cairan. Jika tubuh kekurangan cairan, kulit dapat tampak kering dan kusam.

Karena itu, cukupi kebutuhan cairan saat berbuka dan sahur. Selain dari air putih, sumber cairan juga bisa didapat dari makanan, seperti makanan berkuah, buah-buahan yang mengandung banyak air, dan lain-lain.

Hal yang juga menarik, berpuasa ternyata berhubungan dengan meningkatnya bau badan. Kenapa bisa?

Berpuasa berarti menjalani detoksifikasi, yakni ketika ‘racun’ tubuh dikeluarkan melalui air seni dan keringat. Pengeluaran melalui keringat inilah yang menyebabkan terjadinya bau badan.

Tapi tenang saja, dengan menjaga kebersihan diri melalui mandi dan menggunakan deodoran, bau yang tidak sedap pun dapat Anda hindari.

Meski puasa membawa banyak perubahan positif pada kulit, Anda tak boleh lupa untuk selalu merawatnya. Untuk kulit yang lebih sehat dan cerah selama bulan puasa, gunakan produk perawatan yang tepat.

Salah satunya adalah Wardah White Secret Series. Anda bisa mengaplikasikannya setiap hari. Didukung oleh Advanced White Specific System, Derma Peptide Technology, dan Dual Action Hydrating Agent, setiap produk Wardah mampu menyehatkan dan mencerahkan kulit, khususnya jika digunakan dalam satu rangkaian secara rutin.

Sangat besar, bukan, manfaat berpuasa bagi kulit? Agar manfaatnya lebih maksimal, jangan lupa juga untuk menjaga kebutuhan cairan dan kebersihan tubuh. Selamat menjalankan ibadah Ramadan, ya!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter