Miliki Bibir Merah dan Lembap dengan Cara Ini

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 16 Jun 2017, 16:22 WIB
Memiliki bibir kering memang serba salah. Ditutupi dengan lipstik pun tidak bisa. Bagaimana, sih, supaya lembap?
Miliki Bibir Merah dan Lembap dengan Cara Ini

Klikdokter.com, Jakarta Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang paling menonjol. Untuk itu, sangat penting untuk menjaganya tetap sehat dan lembap.

Bibir yang lembap tentu lebih enak dipandang, terutama saat diberi lipstik. Anda pun bisa bebas tersenyum dan tertawa tanpa rasa kurang pede.

Berikut adalah lima hal yang dapat Anda lakukan agar bibir lembap dan merah berseri:

  • Cukupi kebutuhan cairan

    Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menjaga asupan cairan. Kekurangan cairan atau dehidrasi dapat membuat bibir tampak kering dan pecah-pecah. Di samping itu juga membuat kulit kusam dan kering.

    Selain dari air putih, cairan juga bisa didapat dari konsumsi buah-buahan kaya cairan. Misalnya, semangka, jeruk, melon, dan lain-lain.

  • Lakukan scrub bibir

    Selanjutnya, rajin-rajinlah lakukan scrub bibir. Cara ini dapat membantu mengangkat kulit mati di area bibir. Selain itu juga memperlancar aliran darah sehingga bibir tampak kemerahan.

  • Jangan mencabut kulit bibir

    Mencabut kulit bibir dapat menyebabkan luka pada bibir dan memperlambat penyembuhan.

  • Jangan menjilat bibir

    Sering membasahi bibir yang kering dengan air liur? Mulai sekarang, hindarilah! Faktanya, kebiasaan ini dapat membuat bibir lebih kering karena mengangkat pelembap alami bibir.

  • Gunakan pelembap bibir

    Bila bibir sudah tampak kering, gunakanlah pelembap bibir. Pelembap yang baik umumnya mengandung petroleum atau beeswax (lilin lebah). Waspadalah dengan pelembap berpewangi, karena dapat mengiritasi orang dengan bibir sensitif.

Jika Anda menggunakan pelembap bibir dalam kemasan tabung (yang perlu ‘dicolek’ sebelum digunakan), selalu jagalah kebersihan jari. Jari yang kotor dan mengandung bakteri dapat mengontaminasi pelembap tersebut.

Dengan cara-cara sederhana ini, bibir lembap dan merah pun bisa Anda miliki. Oleh karena itu, jangan malas memberikan perhatian khusus untuk bibir Anda!

[RS/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter