8 Cara Jaga Kesehatan Area Kewanitaan Saat Mudik Lebaran

Oleh dr. Anita Amalia Sari pada 16 Jun 2017, 17:00 WIB
Tahukah Anda bahwa perjalanan yang panjang saat mudik lebaran dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada area kewanitaan? Cari tahu di sini!
8 Cara Jaga Kesehatan Area Kewanitaan Saat Mudik Lebaran

Klikdokter.com, Jakarta Mudik lebaran di penghujung bulan Ramadan adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka yang rindu kampung halaman. Namun bagi sebagian wanita, momen ini terasa sedikit berat, karena saat perjalanan mudik area kewanitaan sering lembap dan tidak nyaman.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan situasi yang kurang mendukung selama perjalanan mudik. Sebut saja karena duduk terlalu lama di dalam kendaraan yang bisa berakibat pada lembabnya area kewanitaan. Bisa juga karena terburu-buru membersihkan area kewanitaan dengan air yang kurang bersih saat sedang menggunakan toilet umum.

Nah, bagaimana cara agar area kewanitaan Anda tetap bersih dan sehat selama perjalanan mudik? Ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Gunakan celana dalam berbahan katun

    Celana dalam ini lebih menyerap keringat, sehingga dapat menjaga kelembapan area kewanitaan lebih baik. Selain itu, celana dalam bahan katun juga membuat Anda lebih nyaman.

  2. Jangan gunakan celana terlalu ketat

    Saat mudik, waktu Anda akan lebih banyak dihabiskan untuk duduk. Oleh sebab itu, pilihlah celana yang tidak terlalu ketat. Menggunakan celana ketat –seperti legging, stocking, skinny jeans– terlalu lama dapat mengganggu kelembapan area kewanitaan hingga menimbulkan iritasi, gatal, ataupun infeksi bakteri dan jamur.

  3. Makan yoghurt

    Yoghurt mengandung probiotik yang dapat meningkatkan pertumbuhan bateri baik. Bakteri ini dapat menjaga keseimbangan pH area kewanitaan, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan timbulnya bau tak sedap.

  4. Konsumsi makanan bergizi seimbang

    Mengonsumsi makanan bergizi seimbang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk area kewanitaan. Buah, sayur, gandum, dan protein rendah lemak adalah yang dianjurkan.

  5. Rutin bersihkan area kewanitaan

    Jika tiba di rest area, segera pergi ke WC untuk membersihkan area kewanitaan Anda. Caranya, basuh dengan air bersih dari arah depan sampai ke belakang. Ingat, membersihkan area kewanitaan setelah buang air kecil adalah hal penting yang tidak boleh Anda tinggalkan.

  6. Ganti pembalut secara teratur

    Jika saat perjalanan mudik berbarengan dengan waktu haid, rajinlah mengganti pembalut setidaknya tiap 3 jam sekali atau saat setelah buang air kecil/air besar. Gunakan pembalut yang dapat menyerap cairan dengan cepat, sehingga permukaan pembalut tetap kering.
    Jangan lupa gunakan juga pembalut yang mengandung antiseptik alami untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan aman digunakan untuk kulit wanita.

  7. Hindari vaginal douching

    Area kewanitaan mempunyai mekanisme pembersihan sendiri. Karena itu, Anda tidak perlu menyemprotkan air atau larutan tertentu hingga masuk ke dalam, hanya di luarnya saja. Sebab, bila demikian, keseimbangan bakteri normal pada area kewanitaan akan terganggu.

  8. Gunakan pantyliner

    Jika perlu, gunakan pantyliner yang mengandung antiseptik alami agar area kewanitaan Anda tetap bersih dan sehat. Pilih pantyliner yang aman untuk kulit sensitif, sehingga tidak menyebabkan alergi atau iritasi pada area kewanitaan. Jangan lupa untuk mengganti pantyliner tiap 3 jam atau tiap buang air kecil/air besar.

Mudah, bukan? Sekarang, Anda tidak perlu khawatir kesehatan area kewanitaan terganggu meski sedang mudik lebaran. Selamat mudik!

(NB/ RH)

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter