Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Berbeda, Normalkah?

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 17 Jun 2017, 08:44 WIB
Ukuran payudara kiri dan kanan Anda berbeda? Jangan panik dulu.
Ukuran Payudara Kiri dan Kanan Berbeda, Normalkah?

Klikdokter.com, Jakarta Payudara adalah organ tubuh yang menjadi simbol kewanitaan. Para wanita umumnya menginginkan payudara yang padat, indah, dan kencang di kedua sisi. Namun yang kerap terjadi adalah ukuran payudara kiri dan kanan berbeda.

Ukuran Payudara

Payudara wanita terdiri dari lemak dan kelenjar susu untuk menghasilkan ASI. Dalam setiap payudara, biasanya terdapat 12 hingga 20 lobus (bagian) kelenjar susu.
Bervariasinya ukuran payudara tiap wanita bukan berdasarkan banyak atau tidaknya kelenjar susu. Hal ini disebabkan oleh banyak atau tidaknya komposisi lemak yang ada dalam payudara. Semakin banyak lemak, semakin besar pula ukuran payudara.

Perubahan siklus ovulasi dan menstruasi pun dapat menyebabkan perubahan ukuran payudara. Saat wanita mengalami ovulasi (masa subur), ukuran payudaranya sedikit lebih besar. Namun saat menstruasi, ukurannya pun menyusut kembali.

Selain itu, perbedaan ras juga menjadi salah satu faktor penentu ukuran payudara. Ras Asia umumnya memiliki ukuran payudara yang lebih kecil dibandingkan dengan ras Kaukasia.

Payudara Kiri dan Kanan

Adanya sedikit perbedaan pada ukuran payudara kiri dan kanan adalah hal wajar, dan merupakan variasi normal. Percaya atau tidak, ternyata 88% wanita memiliki ukuran payudara yang tidak sama besar atau berbeda ukuran sekitar 10-15%.

Namun, perbedaan ukuran payudara kiri dan kanan tidak boleh terlalu ekstrem. Misalnya, payudara kiri berukuran A sementara payudara kanan berukuran B. Kejadian ini disebut dengan payudara asimetris.

Penyebab timbulnya payudara asimetris masih belum diketahui secara pasti. Namun ada teori yang mengatakan bahwa perubahan hormonal dan trauma pada payudara semasa kecil dapat menyebabkan terjadinya hal ini.

Selain itu, ada pula beberapa penyakit atau kelainan yang dapat menyebabkan payudara asimetris, seperti kelainan tulang belakang (skoliosis), dan tumor payudara.
Hingga kini, kejadian payudara asimetris hanya dapat dikoreksi dengan operasi. Anda dapat memilih antara operasi mengecilkan payudara yang besar, atau membesarkan payudara yang kecil dengan menambah implan.

Sekarang Anda sudah tahu faktanya, bukan? Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika ukuran payudara kiri dan kanan agak sedikit berbeda. Namun jika perbedaannya terlalu jauh, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

[NB/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter