Risiko di Balik Memandikan Bayi Terlalu Lama

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 17 Jun 2017, 08:52 WIB
Anda perlu memperhatikan durasi waktu memandikan bayi untuk menghindari gangguan kesehatan pada bayi.
Risiko di Balik Memandikan Bayi Terlalu Lama

Klikdokter.com, Jakarta Memandikan bayi memang momen menyenangkan bagi orang tua. Selain dapat membersihkan tubuh bayi dengan saksama, orang tua juga bisa berinteraksi sambil bermain dengan si kecil. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, memandikan bayi terkadang justru dapat mengganggu kesehatan bayi.

Enam jam setelah lahir, bayi sebenarnya tidak perlu dimandikan dengan air mengalir. Alasannya yaitu bayi baru lahir masih memiliki pelindung lemak di kulit bernama verniks caseosa. Lapisan pelindung ini sudah ada sejak dalam kandungan untuk mencegah pengikisan kulit oleh cairan ketuban, dan terhindar dari infeksi.

Karena belum berkembang sempurna, kulit bayi yang sudah terbentuk, belum berfungsi secara optimal dalam melindungi tubuh. Karena itu, orang tua disarankan untuk memandikan bayi dengan cepat. Ada dua dampak negatif yang akan terjadi bila bayi dimandikan terlalu lama.

Pertama, iritasi pada kulit bayi. Kulit bayi yang belum berkembang sempurna mudah mengalami penguapan, sehingga gampang kering dan sensitif. Tanpa terpapar air dalam jangka waktu lama saja, kulit bayi mudah iritasi.

Terbayang, kan, bagaimana kondisi kulit bayi bila terpapar air terlalu lama? Tentu, kulit bayi yang terpapar air dan sabun dalam waktu lama berisiko mengalami infeksi.

Dampak kedua yaitu hipotermia. Hipotermia adalah gangguan medis di dalam tubuh yang mengakibatkan penurunan suhu tubuh kurang dari 36,50C. Hal ini terjadi karena tubuh tidak mampu memproduksi panas untuk menggantikan panas tubuh yang hilang dengan cepat.

Jika bayi dimandikan dalam waktu yang lama, suhu tubuh bayi akan menurun dan berisiko mengalami hipotermia. Gejala hipotermia pada bayi yaitu tubuh lemas, dingin, kulit mengeras, dan denyut jantung menurun.

Agar tetap bersih dan sehat, Anda memang perlu memandikan bayi dua kali dalam sehari. Tentunya, bayi perlu dimandikan menggunakan air hangat, sabun khusus bayi, dan jangan terlalu lama. Lalu setelah mandi, keringkan kulit bayi dengan menggunakan handuk yang sudah pasti bersih. Dengan cara memandikan bayi yang tepat, kesehatan bayi Anda pun turut terjaga.

[BA/ RVS]