Trik Cegah Gigi Berlubang Selama Puasa

Oleh KlikDokter pada 17 Jun 2017, 17:14 WIB
Makanan manis seringkali tidak bisa dihindari selama bulan puasa. Bagaimana menyiasatinya agar tidak menyebabkan gigi berlubang?
Trik Cegah Gigi Berlubang Selama Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Saat berbuka, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Tujuannya untuk mengembalikan kadar gula yang rendah selama puasa. Masalahnya, makanan atau minuman manis disebut-sebut sebagai salah satu penyebab gigi berlubang.

Gigi berlubang terjadi karena adanya fermentasi gula oleh bakteri yang menghasilkan asam pada permukaan gigi. Frekuensi konsumsi gula yang sering juga mengakibatkan produksi asam yang terus menerus pada permukaan gigi.

Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan atau minuman manis secukupnya saja saat berbuka puasa. Anda juga perlu memperbanyak minum air putih agar suasana di rongga mulut kembali netral. Selain itu yang tak kalah paling penting, penting adalah menyikat gigi setelah selesai menyantap makanan berbuka puasa.

Sikat gigi sebaiknya dilakukan setidaknya 30 menit setelah menyantap makanan. Gunakan pasta gigi yang mengandung bahan aktif fluoride untuk memperkuat struktur gigi serta mencegah terlepasnya mineral penting dari struktur gigi.

Senyawa tersebut juga akan membuat gigi lebih kuat terhadap paparan asam yang dihasilkan dari fermentasi gula oleh bakteri. Selain itu, fluoride pun turut membantu mengembalikan mineral yang hilang dari struktur gigi karena paparan asam.


Jadi, mengonsumsi makanan atau minuman manis selama puasa tidak akan menimbulkan gigi berlubang. Tapi ingat, Anda harus rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari.
Untuk perlindungan terbaik, Anda bisa mengggunakan Pepsodent Herbal. Pasta gigi ini baik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut karena kandungan bahan alami yang dimilikinya. Seperti daun sirih dan jeruk nipis, yang baik untuk mencegah gejala panas dalam, memperkuat gusi, dan menjaga kesegaran mulut.

Selain itu, formulasi daun sirih yang terkandung pada Pepsodent Herbal dikenal sebagai antikuman. Sedangkan jeruk nipis dikenal dapat membantu memberikan rasa segar –yang tentunya sangat diperlukan selama bulan puasa ini.

Ingin mendapatkan informasi seputar gaya hidup, resep makanan, kesehatan gigi dan mulut selama puasa? Kunjungi laman 1001inspirasiramadhan.com

(DA/ RH)