Cara Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Oleh KlikDokter pada 17 Jun 2017, 17:26 WIB
Bau mulut saat puasa merupakan hal yang lumrah terjadi. Tapi, hal ini bisa dicegah.
Cara Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Klikdokter.com, Jakarta Bau mulut (halitosis) merupakan aroma kurang sedap yang berasal dari dalam rongga mulut, hidung atau tulang wajah, dan sinus bagian faring. Penderitanya cenderung merasa kurang percaya diri dan tidak nyaman dalam bergaul.

Untuk mencegah agar mulut tidak bau saat berpuasa, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

  1. Memelihara kebersihan gigi dan mulut. Kesehatan rongga mulut yang buruk adalah penyebab utama bau mulut. Karena itu, menjaga kebersihan gigi dan mulut dari bakteri dan sisa makanan adalah suatu keharusan.

  2. Menyikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluoride minimal dua kali sehari, yaitu sebelum tidur dan setelah sarapan.

  3. Menyikat gigi setidaknya selama dua menit dan pastikan untuk menyikat segala sisi gigi dan juga yang berbatasan dengan gusi.

  4. Menyikat permukaan lidah, terutama lidah bagian paling belakang. Bagian ini merupakan tempat yang ideal untuk kuman berkembang biak karena kering dan sulit untuk dibersihkan.

  5. Para ahli menyarankan agar berkumur dengan larutan kumur mengandung zinc acetate dan chlorhexidine. Hal ini dapat mengurangi bau mulut. Sebaiknya lakukan sebelum tidur.

  6. Jagalah agar mulut tidak kering dengan banyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

  7. Membasuh rongga mulut melalui bewudhu dan menjaga agar rongga mulut selalu basah.

Bau mulut saat berpuasa seringkali sulit terdeteksi oleh pemiliknya. Sebab sel pendeteksi bau di rongga hidung biasanya akan langsung beradaptasi dengan aroma tersebut.

Agar tidak perlu berurusan dengan masalah bau mulut selama bulan puasa, Anda perlu menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Untuk perlindungan gigi dan mulut terbaik, gunakan Pepsodent Herbal.

Keunggulan pasta gigi yang satu ini terletak pada kandungan bahan alaminya, yaitu daun sirih dan jeruk nipis. Kedua bahan alami ini dapat membantu mencegah gejala panas dalam, menjaga gusi tetap kuat, serta membuat mulut tetap segar.

Kandungan daun sirih pada Pepsodent Herbal dikenal antikuman agar gigi dan mulut tetap sehat. Sedangkan jeruk nipis dikenal dapat membantu memberikan rasa segar.

Selain menggunakan pasta gigi yang tepat, jangan lupa, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan ke dokter gigi secara rutin. Anda bisa melakukannya setiap enam bulan sekali.

Jika Anda ingin mengetahui artikel terkait resep makanan, gaya hidup, menjaga kesehatan selama bulan Ramadan, Anda dapat mengunjungi laman 1001inspirasiramadhan.com

(DA/ RH)