Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

Oleh dr. Nitish Basant Adnani BMedSc pada 19 Jun 2017, 13:48 WIB
Tidak hanya berbeda rasa, ternyata tiap warna anggur juga menyimpan manfaat sehat yang berbeda.
Buah Anggur: Beda Warna, Beda Manfaat Sehat

Klikdokter.com, Jakarta Selalu tersedia di hampir setiap pasar tradisional atau swalayan, buah anggur menjadi pilihan favorit penggemar buah-buahan. Tidak hanya berbeda rasa, buah anggur pun memiliki warna yang berbeda-beda yang menyimpan manfaat sehat yang berbeda pula.

Inilah manfaat sehat buah anggur berdasarkan warna yang dimilikinya:

Anggur Hitam

Anggur hitam kaya akan reservatrol. Zat ini memiliki manfaat sebagai anti-aging, karena dapat mencegah penuaan sel kulit. Selain itu, zat reservatrol juga dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menunjang sirkulasi darah dan jantung, serta menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Semakin gelap warna buah anggur semakin tinggi pula kandungan reservatrol di dalamnya.

Anggur Merah

Serupa dengan anggur hitam, anggur merah juga memiliki kandungan reservatrol yang cukup tinggi. Selain itu, anggur merah juga kaya akan quercetin. Ini adalah satu jenis antioksidan yang baik bagi tubuh.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi anggur merah dapat menjaga kestabilan tekanan darah, menurunkan risiko alergi, serta mengendalikan gejala arthritis rheumatoid atau rematik.

Anggur Hijau

Anggur hijau dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah satu antioksidan yang terdapat pada anggur jenis ini adalah katekin.

Katekin memiliki kemampuan antiradang yang baik dan dapat membantu mengeliminasi zat-zat berbahaya dari tubuh. Selain itu, mengonsumsi anggur hijau juga bermanfaat bagi kesehatan kulit, membantu melangsingkan tubuh, serta menjaga daya tahan tubuh.

Jadi apapun warna buah anggur warna favorit Anda, tambahkanlah dalam menu makan harian Anda. Dengan demikian, sederet manfat sehat anggur bisa Anda rasakan sendiri.

[NB/ RVS]