Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Knalpot

Oleh dr. Nadia Octavia pada 19 Jun 2017, 13:54 WIB
Noda hitam di kulit bekas luka bakar knalpot tentu sangat mengganggu penampilan. Ini cara menghilangkannya.
Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Knalpot

Klikdokter.com, Jakarta Semua orang tentu ingin memiliki kulit mulus, bersih, dan tanpa noda. Namun terkadang kejadian tak diinginkan, seperti terkena knalpot panas dapat menimbulkan bekas luka di kulit. Insiden tersebut mungkin berlangsung sebentar, tetapi untuk menghilangkan bekas luka bakar knalpot membutuhkan waktu lama.

Biasanya, bekas luka bakar akan menyisakan noda kehitaman di area tubuh yang terkena. Bekas kehitaman ini disebut hiperpigmentasi paska inflamasi (HPI). HPI dapat terjadi karena peradangan atau cedera. HPI disebabkan oleh produksi pigmen melanin secara berlebih setelah terjadi peradangan kulit.

Berikut ini cara untuk menghilangkan bekas luka bakar knalpot:

  1. Penggunaan krim

    Pemakaian krim bertujuan untuk menghambat produksi pigmen melanin, meratakan warna kulit, dan mencerahkan noda hitam. Terdapat beberapa krim untuk mengatasi HPI, seperti hidrokuinon 2-4 persen, arbutin, asam kojic, asam glikolat, dan asam retinoat.

    Penggunaan krim ini sebaiknya harus dengan pengawasan dokter karena tidak sembarang luka boleh menggunakannya. Efek samping penggunaan krim ini bisa berupa kemerahan, iritasi, atau kehitaman.

  2. Chemical peeling

    Tindakan chemical peeling adalah pengaplikasian cairan kimia asam pada area yang terkena HPI. Chemicall peeling bertujuan untuk mengikis lapisan kulit agar terbentuk lapisan kulit yang baru.

    Pada kasus HPI, bahan chemical peeling yang biasa digunakan antara lain asam glikolat (AHA), asam salisilat, dan asam trikloroasetat (TCA). Efek samping yang dapat terjadi pada tindakan chemical peeling antara lain kemerahan, rasa terbakar, kehitaman, pengelupasan parah, noda putih (hipopigmentasi), dan pembentukan keloid.

  3. Tindakan laser

    Mengatasi bekas luka kehitaman dengan tindakan laser ditargetkan langsung spesifik pada pigmen melanin kulit. Jenis laser yang digunakan beragam.

    Namun dari beberapa literatur, kasus HPI memberikan hasil yang signifikan dengan penggunaan jenis laser ND Yag, fraksional fototermolisis, dan terapi bluelight photodynamic.

Nah, demikian tadi beberapa cara menghilangkan bekas luka bakar knalpot. Berbagai perawatan dan tindakan di atas memang memerlukan proses dan membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk memperoleh hasilnya. Untuk itu, sebelum memulai tindakan atau menggunakan produk tertentu, Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit.

[BA/ RVS]