Kiat Menjalani Puasa saat Batuk

Oleh KlikDokter pada 19 Jun 2017, 16:12 WIB
Tidak perlu ragu menjalani puasa sekalipun mulai batuk melanda. Simak kiat jitunya dan teruslah tingkatkan ibadah Anda.
Kiat Menjalani Puasa saat Batuk

Klikdokter.com, Jakarta Jangan jadikan batuk sebagai hambatan untuk tetap berpuasa di bulan yang penuh rahmat ini. Dengan trik yang jitu, batuk dapat dengan mudah Anda redakan dan puasa pun tetap lancar. Berikut ini empat kiat dalam mengatasi batuk saat berpuasa:

  1. Pastikan kebutuhan minum tercukupi

    Batuk ataupun tidak, seseorang yang sedang puasa tetap harus mencukupi kebutuhan air hariannya. Penuhi kebutuhan cairan ini dengan cukup minum saat sahur dan berbuka.

    Orang yang sehat membutuhkan setidaknya 8 gelas air atau setara dengan 2 liter setiap harinya. Saat batuk, kebutuhan cairan ini akan semakin bertambah. Semakin banyak Anda minum akan semakin baik.

    Usahakan untuk minum air yang suhunya sedikit hangat. Cairan dan uap hangat yang masuk akan membantu meluruhkan dahak di tenggorokan sehingga akan lebih mudah untuk dikeluarkan.

  2. Hindari menu gorengan saat berbuka

    Gorengan merupakan salah satu menu andalan banyak orang saat berbuka puasa. Namun, tahukah Anda, gorengan dapat menjadi musuh besar yang dapat menyebabkan batuk ?

    Sebab proses penggorengan makanan akan melepaskan akrolein, suatu senyawa yang mampu mengiritasi tenggorokan dan memperparah peradangan. Walaupun memikat selera, usahakan untuk tidak memberikan jalan masuk pada senyawa berbahaya ini.

    Ketimbang gorengan, pilihlah menu lain untuk berbuka seperti kurma dan segelas air putih hangat yang jauh lebih sehat.

  3. Jauhkan minuman yang mengandung perisa dan pemanis buatan

    Tidak hanya minuman botol atau kalengan, minuman manis seperti es kelapa dan es buah yang banyak dijajakan di pinggir jalan juga perlu diwaspadai.

    Bisa jadi mereka juga mengandung perisa dan pemanis buatan. Kedua bahan kimia ini dapat mencetuskan iritasi pada tenggorokan dan membuat batuk.

    Hal yang sama juga berlaku untuk minuman dingin dan es. Walaupun perjalanan penyakit tidak berhubungan dengan es, tetapi pada mereka yang sensitif terhadap dingin, minuman pelepas dahaga ini justru dapat menimbulkan reaksi alergi.

    Reaksi alergi ini dapat berupa batuk dan produksi dahak yang semakin menumpuk.

  4. Akhiri hari dengan segelas jahe hangat

    Sudah bukan rahasia lagi bahwa jahe memiliki kekuatan dahsyat dalam memerangi batuk. Uap hangat jahe akan membantu meredakan nyeri tenggorokan.

    Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga berperan dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga dapat melawan kuman penyebab penyakit.

Tak hanya sampai di situ, jahe mengandung oleoresin yang diketahui mampu berperan sebagai antitusif atau zat aktif pereda batuk.

Mengakhiri hari dengan segelas jahe hangat sebelum tidur akan membuat tidur lebih lelap, tanpa terganggu oleh batuk. Sehingga, saat sahur Anda akan terbangun dengan lebih segar dan siap menghadapi hari.

Kiat-kiat tersebut akan membantu mengenyahkan batuk dan memperlancar puasa. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi HerbaKOF untuk mengatasinya. HerbaKOF memiliki beberapa kandungan alami di dalamnya, seperti:

  • Legundi bermanfaat untuk saluran pernapasan, terutama untuk pengobatan batuk dan asma. Khasiat lainnya adalah sebagai antibakteri, antijamur, analgesik, dan antipiretik.
  • Jahe gajah mengandung minyak esensial yang bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh, memberikan rasa hangat dan melegakan tenggorokan, sehingga baik untuk batuk.
  • Daun saga memiliki senyawa kimia yang berperan sebagai antitusif, sehingga dapat meredakan batuk kering.
  • Mahkota dewa mengandung saponin dan polifenol yang bermanfaat untuk penyembuhan batuk, pilek, serta radang tenggorokan.

Riset membuktikan bahwa HerbaKOF memiliki kecepatan reaksi rata-rata 10 menit. Sementara itu, durasi manfaat akan bertahan dalam tubuh sekitar 3 jam.

Dengan pengobatan batuk yang tepat dan kiat yang cermat, khusyuknya ibadah tetap bisa Anda dapat. Mulai Kof Kof, Minum Herbakof! Herbakof mudah dibeli di Alfamart dan Indomaret terdekat. Selamat menjalankan puasa!

[RS/ RH]