Cara Ampuh Atasi Perut Kembung dan Mual

Oleh KlikDokter pada 19 Jun 2017, 16:33 WIB
Saat puasa, perut kembang dan mual memang sering menyerang. Bila tak kunjung hilang, Anda bisa mengobatinya dengan cara ini.
Cara Ampuh Atasi Perut Kembung dan Mual

Klikdokter.com, Jakarta Perut kembung dan mual sering menyerang saat puasa. Dalam dunia medis, perut kembung dan mual disebabkan oleh dispepsia. Dispepsia merupakan kumpulan gejala tidak nyaman di perut bagian atas yang terjadi secara berulang.

Ada beragam penyebab dispepsia; seperti penggunaan obat-obatan dan infeksi saluran pencernaan. Selain itu ada pula yang bersifat fungsional atau tidak terdapat kelainan di organ pencernaan. Pada umumnya, sebagian besar penderita dispepsia mengalami tipe fungsional.

Penderita dispepsia fungsional biasanya mengeluhkan beberapa kondisi seperti rasa penuh di perut, terutama setelah makan. Keluhan yang lain adalah perut kembung, cepat kenyang, dan nyeri atau panas di daerah hulu hati.

Pada kondisi yang berat bisa terjadi muntah terus-menerus, anemia, sulit menelan, hingga penurunan berat badan. Untuk kondisi seperti ini, Anda harus langsung berkonsultasi dengan dokter.

Kalau sudah begini, ada tiga solusi yang pas untuk mengusir kembung dan mual saat sahur atau berbuka yaitu :

  1. Pas Porsinya. Makanlah dalam porsi kecil atau secukupnya saat sahur dan berbuka puasa ditambah makanan ringan yang sehat.

  2. Pas Caranya. Makan pelan-pelan dan dikunyah dulu. Jangan asal menelan makanan. Minum air pada saat selesai makan, bukan pada saat makannya.

  3. Pas Nutrisinya. Kurangi makanan yang sifatnya asam seperti jeruk, berlemak dan pedas. Kurangi juga sayur dan buah yang bisa menimbulkan gas berlebih di perut seperti sawi, kol, kedondong, nangka, pisang ambon, ketan, mie instant, ubi, talas, dodol, dan cokelat. Juga kurangi minuman kafein dan bersoda. Perbanyak buah segar.

Beberapa bahan makanan telah diketahui dapat mengurangi gejala gangguan saluran pencernaan, salah satunya adalah jahe. Sebuah penelitian di Cina yang dimuat di World Journal of Gastroenterology telah membuktikan khasiat jahe.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak jahe yang diberikan pada pasien dispepsia dapat membantu pengosongan lambung dan pengeluaran gas. Hal ini menyebabkan gejala dispepsia seperti begah, perut kembung, dan mual pun berkurang.

Anda juga bisa mendapatkan khasiat jahe dalam HerbaVOMITZ. HerbaVOMITZ adalah obat herbal modern, dibuat dari herbal alami yaitu jahe yang diproses dengan teknologi modern. Obat ini berkhasiat membantu meredakan kembung dan mual.

HerbaVOMITZ telah melewati uji toksikologi, uji pra klinis, uji khasiat, sehingga aman dan efektif untuk mengatasi kembung dan mual. Keunggulan HerbaVOMITZ adalah hangat, cepat mengatasi masalah perut, serta aman karena 100 persen herbal dan sudah tersertifikasi halal.

HerbaVOMITZ tersedia dalam forman tablet dan sirup, serta dapat dibeli di Indomaret dan Alfamart terdekat.

Tak sulit, kan, mengatasi perut kembung dan mual? Jadi, segera terapkan beberapa cara di atas bila perut kembung dan mual mulai menyerang di bulan puasa. Ingat, Perut komat kamit, Minum Herbavomitz! Hangat, cepat, atasi masalah perut.

[BA/ RH]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter