Kenali Gejala HIV Tahap Awal

Oleh dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons pada 04 Jul 2017, 07:23 WIB
HIV sampai saat ini masih menjadi penyakit yang ditakuti semua orang. Kenali gejala tahap awal sebelum terlambat!
Kenali Gejala HIV Tahap Awal

Klikdokter.com, Jakarta HIV adalah penyakit fatal yang ditakuti semua orang. Penyakit ini awalnya berasal dari virus monyet Afrika yaitu Simian immunodeficiency Virus (SIV). Ketika manusia berburu monyet tersebut dan terciprat darahnya, virus tersebut menginfeksi manusia dan bermutasi menjadi Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga, tubuh menjadi lemah dan sangat mudah terkena infeksi. Infeksi yang ringan pada orang normal dapat menjadi berbahaya dan mematikan bagi penderita HIV.

Selain menular melalui darah, virus HIV juga dapat menular melalui cairan tubuh penderita seperti sperma, cairan vagina dan ASI. Pada pengguna narkoba suntik, penularan virus ini juga sering terjadi melalui pemakaian jarum suntik secara bersama-sama. Pada kasus yang lebih jarang, penularan terjadi saat berhubungan seksual, karena sering terjadi luka kecil di bagian kelamin yang tidak disadari.


Gejala awal HIV tidak parah dan terjadi hanya seperti sakit flu biasa. Pada umumnya gejala awal yang dirasakan adalah demam, sakit tenggorokan dan kemerahan pada tubuh. Gejala lain meliputi mudah lelah, nyeri sendi, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Biasanya, gejala awal akan muncul setelah 2-6 minggu terinfeksi virus HIV. Hampir 80% orang yang terinfeksi HIV akan mengalami gejala flu tersebut.

Hingga sekarang belum ada obat untuk menyembuhkan penyakit HIV. Pengobatan hanya mampu mengendalikan virus, sehingga penderita dapat hidup lebih lama dengan kondisi yang lebih sehat. Oleh karenanya jika mengalami gejala tak perlu panik, segera periksakan kondisi Anda ke dokter.

[DA/ RVS]