Penyakit Ini Sering Menyerang usai Mudik Lebaran

Oleh Kartika Tarigan pada 06 Jul 2017, 13:29 WIB
Penyakit apa saja yang kerap menyerang para pemudik yang menempuh jarak jauh?
Penyakit Ini Sering Menyerang usai Mudik Lebaran

Klikdokter.com, Jakarta Mudik Lebaran identik dengan penumpang yang tumpah ruah, kemacetan, dan perjalanan jauh. Karena itu, bukan tak mungkin mudik dapat membawa dan menularkan banyak penyakit. Lalu, apa saja gangguan kesehatan yang sering menyerang para pemudik?

Dikutip dari situs web Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes), pada arus balik mudik Lebaran 2017, para pemudik banyak mengeluhkan gangguan kesehatan pada posko-posko yang disediakan Kemenkes.

Jenis-jenis penyakit yang banyak dialami masyarakat adalah hipertensi, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), mag, dan kelelahan.

Jarak tempuh yang jauh bisa memicu stres yang akhirnya menyebabkan hipertensi dan kelelahan. Berada di antara kendaraan terlalu lama juga membuat pemudik lebih rentan terpapar debu dan ISPA. Jika makan telat atau mengonsumsi asupan kurang sehat, bisa-bisa pemudik juga terkena mag.

Hipertensi

Untuk mencegah hipertensi, penting untuk mengurangi konsumsi garam dan kafein serta berolahraga rutin. Pilihlah camilan yang lebih sehat yang dapat dimakan saat perjalanan, misalnya buah-buahan segar.

ISPA

Masalah pernapasan selama perjalanan mudik bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal. Jika mudik menggunakan mobil, pastikan mobil berada dalam keadaan yang baik. Tidak ada kebocoran gas dan hal-hal lain yang dapat menyebabkan masalah pada pernapasan.

Pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat meminimalkan paparan debu dengan mengenakan masker. Jangan sampai anak berhadapan langsung dengan sumber asap dan debu. Anak-anak lebih rentan terkena gangguan pernapasan.

Mag

Sebisa mungkin hindari makan telat meskipun sedang dalam perjalanan. Jauhi juga makanan dan minuman pencetus mag, seperti makanan asam, pedas, serta soda.

Kelelahan

Agar tidak kelelahan saat arus balik mudik, pastikan Anda mencukupi kebutuhan air putih. Jangan lupa juga untuk tidur cukup sehingga punya energi untuk melakukan perjalanan jauh.

Nyeri Sendi

Selain masalah pernapasan, biasanya pemudik yang baru tiba dari kampung kerap merasakan pegal dan nyeri sendi. Sebab rata-rata pemudik duduk selama berjam-jam.

Untuk menangani nyeri sendi ini, carilah posisi duduk yang memungkinkan Anda dapat duduk dengan santai. Jika memungkinkan, Anda bisa beristirahat sejenak di rest area untuk melakukan peregangan atau sekadar menghirup udara segar.

Melihat penyakit-penyakit tersebut, penting untuk melakukan persiapan yang baik sebelum mudik Lebaran. Bawa serta juga obat-obatan yang umum atau yang biasa Anda konsumsi. Dengan demikian, kesehatan akan tetap terjaga setelah pulang kampung.

[RS/ RVS]