Makanan Enak untuk Cegah Nyeri Otot saat Mudik Lebaran

Oleh dr. Reza Fahlevi pada 07 Jul 2017, 11:03 WIB
Tahukah Anda bahwa nyeri otot dapat dicegah dengan makanan tertentu? Ini daftar makanan enak untuk cegah nyeri otot saat mudik Lebaran.
Makanan Enak untuk Cegah Nyeri Otot saat Mudik Lebaran

Klikdokter.com, Jakarta Mudik Lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Namun, seringkali muncul keluhan nyeri otot selama masa mudik berlangsung. Keluhan ini muncul baik dari pemudik yang menggunakan transportasi udara, darat, maupun laut.

Bahkan, nyeri otot merupakan salah satu faktor yang berkontribusi terhadap tingginya angka kecelakaan saat mudik. Padahal, hal ini dapat dicegah dengan cara yang mudah.

Salah mudah sekaligus nikmat untuk mencegah hal tersebut adalah lewat makanan. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda coba agar terbebas dari nyeri otot saat mudik Lebaran:

  1. Jahe

    Jahe berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri otot dan sendi. Banyak makanan enak yang terbuat dari jahe, misalnya biskuit atau permen jahe. Selain itu, jahe juga dapat diolah menjadi minuman enak seperti wedang jahe, sekoteng, dan minuman lainnya.

  2. Edamame

    Edamame merupakan sejenis kacang kedelai yang berasal dari Jepang. Edamame ternyata juga berkhasiat dalam mencegah nyeri, terutama nyeri sendi. Edamame dapat dimakan dengan cara direbus. Sungguh praktis dan berkhasiat.

  3. Cabai

    Ada kabar gembira untuk Anda penikmat pedas. Cabai ternyata bermanfaat untuk mencegah nyeri otot dan sendi. Namun, Anda perlu menjaga jumlah asupannya di bulan puasa ini untuk mencegah timbulnya masalah lambung.

  4. Ceri

    Selain mengandung antioksidan, ceri ternyata juga berkhasiat untuk mencegah nyeri otot selama mudik. Anda dapat memakannya langsung, membuat jus, atau membuat kue dari buah yang lezat ini.

  5. Ikan salmon dan sarden

    Pilih menu sahur dan berbuka dengan ikan salmon atau sarden untuk mencegah nyeri otot selama mudiik.

Nah, Anda kini telah mengetahui beberapa jenis makanan yang dapat mencegah nyeri otot selama mudik Lebaran. Namun bila nyeri otot tetap muncul, Anda dapat meredakannya dengan mengoleskan krim pereda nyeri otot.

[BA/ RH]