Perbedaan Rasa Gatal karena Diabetes dan Penyakit Kulit

Oleh Kartika Tarigan pada 10 Jul 2017, 10:19 WIB
Tidak semua gatal yang terjadi merupakan tanda dari penyakit diabetes. Bisa jadi itu penyakit kulit.
Perbedaan Rasa Gatal karena Diabetes dan Penyakit Kulit

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit diabetes biasanya dapat dikenali dengan salah satu tanda yaitu rasa gatal pada kulit. Namun, tidak semua gatal yang terjadi bisa diindikasikan dari penyakit tersebut.

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, pada dasarnya rasa gatal tanda penyakit diabetes tidak dapat dibedakan secara kasat mata. Sebab, terdapat banyak jenis penyakit kulit pada sebagian orang mungkin saja menimbulkan gejala serupa.

“Untuk memastikan apakah gatal itu merupakan tanda diabetes atau tidak, harus dilakukan melalui pemeriksaan kadar gula darah,” kata dr. Dyah kepada Klikdokter di Jakarta, Jumat (7/7/2017).

Menurutnya, gejala diabetes memang biasa ditandai dengan rasa gatal di kulit akibat reaksi dari kadar gula yang meningkat.

Peningkatan kadar gula dalam jangka panjang, akibatnya kulit pun menjadi gatal. Tapi gatal tidak selalu menjadi tanda pasti adanya penyakit diabetes.

Perbedaan antara gatal yang disebabkan oleh diabetes dan penyakit kulit biasanya terjadi karena adanya infeksi virus, jamur atau bakteri tertentu. Rasa gatal pada diabetes berasal dari pembuluh darah. Itu mengapa bisa menyebabkan luka.

Kenali Diabetes Segera

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini penderita diabetes sebaiknya rutin mengecek kadar gula dalam tubuh sehingga bisa ditangani dengan cepat dan mendapatkan perawatan yang tepat.

Gejala lain yang biasa terjadi pada penderita diabetes adalah sering merasa haus, sering lapar dan frekuensi buang air kecil yang meningkat. Proses buang air kecil yang sering dapat berperan membuat kulit makin terasa kering dan gatal.

Dokter lulusan Universitas Pelita Harapan ini menyampaikan kiat untuk mengenali penyakit diabetes secepat mungkin. Menurutnya, jika Anda merasakan gatal di kulit yang tak kunjung sembuh, dan tidak diketahui penyebabnya, kemudian ada riwayat keluarga yang diabetes. sebaiknya segera memeriksakan gula darah ke laboratorium.

Pasien yang telah didiagnosa dokter memiliki diabetes harus lebih berhati-hati terutama saat bagian tubuhnya mengalami luka, penderita diabetes harus benar-benar merawat luka tersebut.

Nah, meskipun gatal tidak selalu tanda adanya penyakit diabetes, namun Anda tetap perlu waspada.

[DA/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter