Mengintip Cara Orang Jepang Cegah Diabetes

Oleh Kartika Tarigan pada 09 Agu 2017, 13:53 WIB
Ada empat cara yang diterapkan orang Jepang untuk mencegah diabetes. Berikut ini penjabarannya.
Mengintip Cara Orang Jepang Cegah Diabetes

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang sebagian besar penduduk dunia. Diabetes juga disebut sebagai penyakit yang paling mudah mendatangkan komplikasi. Sebagian besar ahli menganjurkan untuk mengurangi jumlah konsumsi gula guna mencegah diabetes. Namun cukupkah cara tersebut?

Menurut Dr. Yoshihisa Asano, PhD, DPH, seorang Nutritionist, Biochemist, Medical Scientist asal Jepang, ada trik lain untuk mengurangi risiko diabetes. Trik tersebut biasa diterapkan oleh penduduk Jepang untuk menangkal obesitas yang merupakan cikal bakal diabetes.

Dia menekankan, untuk mencegah diabetes, Anda harus mulai dengan mengubah gaya hidup dan pola makan. “Di Jepang kami mengenal yang disebut ‘mibyou control’,” katanya, dalam seminar bertajuk “Tepatkah Konsumsi Gula Anda?” di Jakarta, Senin (7/8/2017)

Dia pun mengungkapkan cara-cara orang Jepang untuk mencegah diabetes alias mibyou control tersebut. Antara lain yaitu:

  1. Mencegah obesitas

    Dia mengatakan, salah satu cara untuk mencegah obesitas adalah dengan memastikan bahwa energi yang masuk dan energi yang keluar dari tubuh memiliki jumlah yang seimbang. Energi yang tidak seimbang, seperti terlalu banyak makan, merupakan pemicu utama kelebihan berat badan alias obesitas.

  2. Mengontrol tekanan darah

    Hal lain yang harus diperhatikan untuk menghindari diabetes adalah dengan mengontrol tekanan darah. Dr. Yoshihisa berpesan, Anda harus menjauhi kebiasaan buruk yang dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, seperti merokok dan terlalu banyak mengonsumsi garam. Hal itu penting untuk selalu menjaga tekanan darah tetap stabil.

  3. Hindari kolesterol tinggi

    Anda harus menghindari kebiasaan-kebiasaan dan makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam tubuh. Menurutnya, jika kadar LDL dalam tubuh tinggi dapat menyebabkan pembuluh darah mengeras. Kondisi tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan Anda.

  4. Perbanyak olahraga dan minum air

    Berdasarkan pengalaman Dr. Yoshihisa, orang Jepang menganggap bahwa banyak minum air dapat membuat tubuh gemuk. “Saya pernah mengajak para staf di sana untuk banyak minum air. Mereka menolak dengan mengatakan banyak minum air bisa membuat gemuk. Tapi Saya bilang ‘tidak’. Minum banyak air tidak akan membuat siapapun oebesitas,” ungkapnya.

Selain itu, Dr. Yoshihisa yang telah didiagnosa terkena diabetes sejak 3 tahun lalu itu menekankan untuk banyak melakukan olahraga. Seperti berjalan kaki dan aktivitas fisik ringan lainnya.

Pendiri Noguchi Medical Research Institute, Tokyo ini pun mengaku telah lama mengurangi konsumsi gula. Bahkan, kini, dia lebih suka meminum kopi maupun teh yang tidak dicampur gula. Pun harus mengonsumsi gula, dia mengaku memilih gula pengganti xylose atau gula kayu.

“Di Jepang gula itu sangat ditakuti. Seperti orang Indonesia yang takut hantu. Saat ini perempuan Jepang tidak lagi banyak mengonsumsi gula. Saya bertaruh,” candanya.

Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba mibyou control atau cara-cara orang Jepang dalam mencegah diabetes. Selain mendapatkan tubuh yang bebas dari diabetes, Anda pun bisa memiliki bentuk tubuh ideal.

[BA/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter