Menelisik Seluk Beluk Pengobatan Alternatif

Oleh dr. Alvin Nursalim pada 10 Agu 2017, 15:16 WIB
Setelah pasien melewati berbagai cara, pengobatan alternatif kerap ditempuh untuk mendapatkan kesembuhan dari suatu penyakit.
Menelisik Seluk Beluk Pengobatan Alternatif

Klikdokter.com, Jakarta Bagi sebagian kalangan masyarakat, pengobatan alternatif sering menjadi pilihan lantaran biayanya yang relatif lebih murah, dan metode yang terkesan instan. Ada berbagai jenis pengobatan alternatif yang sering ditawarkan, mulai dari pengobatan yang menggunakan cairan hingga dengan metode pemukulan pada bagian tubuh tertentu.

Biasanya pengobatan alternatif berkaitan erat dengan pola budaya setempat. Di Indonesia terdapat banyak jenis pengobatan alternatif, dimulai dari ramuan khusus, bekam sampai pembacaan doa. Sedangkan di Venezuela, pengobatan dengan upacara pemanggilan roh leluhur masih dilakukan hingga saat ini.

Banyak alasan mengapa masyarakat lebih memilih pengobatan alternatif daripada pengobatan medis konvensional. Kecilnya kemungkinan sembuh dari suatu penyakit dan munculnya rasa putus asa dalam mencari kesembuhan, sering menjadi alasan utama seseorang menempuh metode pengobatan non medis ini.

Rendahnya tingkat pendidikan masyarakat dan minimnya informasi terkait pengobatan alternatif juga berperan dalam maraknya peminat pengobatan yang satu ini. Kurang memadainya fasilitas kesehatan di Indonesia serta tingkat pemerataan kesehatan yang masih timpang, menumbuhkan animo masyarakat dalam memilih pengobatan alternatif.

Sayangnya, banyak orang yang tidak sadar bahwa berbagai terapi yang diberikan tidak memiliki dasar ilmiah yang jelas, dan berpotensi memberikan dampak negatif pada pasien. Peran aktif masyarakat, tenaga kesehatan dan pemerintah diperlukan dalam menghadapi fenomena ini.

Dalam hal ini, masyarakat perlu bersikap kritis dalam memilih berbagai pengobatan yang dipilihnya. Sebelum Anda memutuskan untuk menempuh pengobatan alternatif, carilah informasi dan bukti dari pengobatan yang hendak Anda pilih. Hal ini untuk mencegah agar Anda tidak terlanjur terdampak efek samping pengobatan alternatif dan penyakit Anda kian parah.

Selain itu tenaga kesehatan dan pemerintah juga perlu berperan dalam memberikan informasi kesehatan yang sejelas-jelasnya kepada masyarakat. Pemerintah harus membuat regulasi terkait pengobatan alternatif. Meskipun demikian perlu diingat bahwa pengobatan alternatif tetap tidak dapat menggantikan pengobatan utama yaitu, pengobatan medis.

[DA/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter