Kanker Lidah Bisa Sebabkan Kematian. Apa Pemicunya?

Oleh Kartika Tarigan pada 10 Agu 2017, 18:17 WIB
Andrie Kurnia Farid meninggal setelah didiagnosis kanker lidah. Apa saja hal-hal yang bisa sebabkan kanker lidah?
Kanker Lidah Bisa Sebabkan Kematian.  Apa Pemicunya?

Klikdokter.com, Jakarta Kisah perjalanan Andrie Kurnia Farid, seorang ayah yang terkena kanker lidah viral di media sosial. Mulanya, keluarga tidak menduga bahwa sariawan yang selama ini dikeluhkan Andrie adalah kanker lidah yang akhirnya merenggut nyawa.

Cerita soal kanker lidah tersebut diceritakan oleh istri Andrie melalui akun Facebook dengan nama pengguna Rezy Selvia Dewi.

Postingan itu berhasil menggugah rasa haru puluhan ribu netizen yang akhirnya ikut menyebarkan postingan tersebut. Dari apa yang ditulis Rezy, keduanya sebenarnya telah menemui sejumlah dokter dan melakukan serangkaian perawatan.

“Kesehatan abbi enggak ada masalah mi, cuma kata dokter, abbi kurang nutrisi,” kenang Rezy menirukan apa yang suaminya sampaikan saat itu.

Dari cerita Rezy, Andrie ternyata memiliki kebiasaan merokok yang sangat kuat dan sering terlambat tidur saat malam hari alias begadang. Sariawan yang terjadi pada area mulut sang suami pun tak kunjung sembuh hingga berminggu-minggu.

Hingga akhirnya pada suatu pemeriksaan diketahui Andrie mengidap kanker lidah stadium 4, dan meninggal satu tahun setelah diagnosis tersebut.

Faktor Pemicu Kanker Lidah

Hingga kini, sejumlah ahli mengaku belum menemukan secara pasti apa yang menjadi pemicu seseorang terkena kanker lidah. Mengutip dari situs web Cancer Research UK, banyak merokok dan sering minum alkohol merupakan faktor risiko utama kanker lidah.

Penyebab lainnya adalah masalah kebersihan mulut yang tidak dijaga. Bercak putih kental pada selaput lendir rongga mulut bisa juga menjadi faktor pemicu kanker lidah. Selain itu, iritasi yang terjadi pada gigi yang ditambal atau penggunaan gigi palsu yang tidak pas juga berkontribusi terhadap perkembangan kanker lidah.

Saat Anda menemukan sejumlah titik yang menyerupai sariawan di area mulut dan tak kunjung sembuh, Anda perlu waspada dan segera memeriksakannya. Sebab, kanker lidah nyatanya pandai mengelabui dan membuat Anda abai akan keberadaannya.

Ciri-ciri Anda mungkin terserang kanker lidah adalah sebagai berikut:

  • Terjadi rasa nyeri di sekitar lidah sampai ke rahang
  • Terdapat benjolan atau penebalan daging di bagian dalam mulut
  • Sakit tenggorokan dan merasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan dan tak bisa dikeluarkan
  • Kesulitan menelan dan mengunyah makanan
  • Sulit menggerakkan lidah dan rahang

Jangan sepelekan hal-hal yang terjadi dalam rongga mulut Anda, apalagi jika sudah mengganggu aktivitas sehari-hari. Segeralah konsultasi dengan dokter untuk mencegah penyakit bertambah parah. Ingat, kanker lidah dapat mengintai siapa saja!

[RS/ RVS]

Jasmine Lutfiah SekarJasmine Lutfiah Sekar

Positif terkena kanker lidah? Bahkan setelah stadium lanjut baru ketauan? Jangan panik,segera mungkin konsumsi ekstrak manis javanica plus, menekan bahkan lemahkan kanker lidah tanpa efek samping, Minat serius hubWA 082318506211 Line 081912999090