Bolehkah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?

Oleh dr. Dyah Novita Anggraini pada 11 Agu 2017, 12:56 WIB
Penggunaan pantyliner semakin digemari oleh wanita. Namun amankah jika digunakan setiap hari?
Bolehkah Menggunakan Pantyliner Setiap Hari?

Klikdokter.com, Jakarta Pekerjaan menuntut wanita untuk tetap aktif bergerak. Dari pagi hingga malam hari, tanpa lelah, tanpa henti. Untuk mencegah keputihan ataupun hal-hal yang tidak diinginkan, tidak sedikit yang memutuskan untuk menggunakan pantyliner setiap hari.

Pantyliner merupakan pembalut berbahan tipis, yang berfungsi menjaga kelembapan vagina. Benda ini bekerja dengan cara menyerap keringat dan cairan vagina yang berlebihan.

Karena manfaatnya, tak heran pantyliner kerap digunakan setiap hari. Hal ini memang tidak mengapa, asalkan Anda memerhatikan hal-hal berikut ini:

  • Pilihlah pantyliner yang mengandung bahan alami, dan tidak mengandung zat pewangi.

  • Pastikan pantyliner yang Anda gunakan memiliki bahan yang mendukung sirkulasi udara di area vagina berjalan dengan baik.

  • Ganti pantyliner setiap 4 jam sekali, atau jika sudah terasa lembap. Ini karena pantyliner berperan menahan keringat dan cairan vagina yang berlebihan, sehingga jika tidak rutin diganti dapat meningkatkan risiko infeksi jamur atau bakteri.

  • Sesaat setelah mengganti pantyliner, pastikan Anda mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Penggunaan pantyliner sangat baik untuk dikombinasikan dengan penggunaan celana dalam berbahan katun.

Meski bermanfaat, bukan berarti pantyliner bisa digunakan secara sembarangan. Ingatlah juga bahwa pantyliner bukanlah solusi dari masalah kesehatan yang terjadi pada vagina Anda. Karena benda ini hanya sebatas memberikan kenyamanan, bukan mengatasi faktor penyebabnya.

[NB/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter