Makanan Sehat untuk Penderita Miom

Oleh dr. Karin Wiradarma pada 11 Agu 2017, 16:23 WIB
Penderita miom disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan sehat. Apa saja semua itu?
Makanan Sehat untuk Penderita Miom

Klikdokter.com, Jakarta Miom merupakan tumor jinak yang tumbuh pada otot polos rahim. Tumor jinak rahim ini umumnya menyerang wanita usia 30-40 tahun.

Miom yang berukuran kecil umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun, seiring berjalannya waktu, tumor jinak tersebut dapat menimbulkan berbagai gejala. Beragam gejala yang bisa terjadi seperti nyeri perut, sering berkemih, nyeri pinggang, gangguan pada organ reproduksi bahkan dapat menyebabkan kemandulan dan keguguran pada wanita.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Obstetrics & Gynecology menunjukkan bahwa konsumsi ham, daging sapi, dan minuman beralkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko seorang wanita mengidap miom. Sebaliknya, konsumsi sayuran terutama berwarna hijau tua dan orange ternyata berperan dalam menurunkan risiko miom.

Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung nutrisi dan serat yang banyak. Kacang-kacangan juga diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga baik untuk menurunkan risiko terjadinya miom.

Mengganti nasi putih dengan nasi merah juga merupakan salah satu pilihan yang baik untuk menjauhi miom. Anda juga dapat mengonsumsi roti gandum dan oatmeal ketimbang roti putih atau bakmi.

Jika Anda menderita miom sebaiknya kurangi makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan, keripik, dan aneka kue. Sebagai gantinya, pilihlah makanan sehat yang mengandung lemak rendah. Selain jauh dari miom, hidup Anda akan lebih sehat dan berat badan pun ideal!

[DA/ RVS]