Ratus Bikin Vagina Rapat, Mitos atau Fakta?

Oleh dr. Dyan Mega Inderawati pada 11 Agu 2017, 16:27 WIB
Perawatan ratus dipercaya dapat membuat vagina lebih rapat. Benarkah?
Ratus Bikin Vagina Rapat, Mitos atau Fakta?

Klikdokter.com, Jakarta Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, bersih, dan wangi, kaum hawa kerap melakukan perawatan tubuh, termasuk ratus vagina. Banyak orang percaya bahwa ratus vagina dapat mengusir aroma tidak sedap dan membuat vagina lebih rapat. Namun benarkah anggapan tersebut?

Ratus adalah perawatan yang telah lama dikenal mampu menjaga kesehatan vagina. Perawatan ratus menggunakan bahan-bahan seperti rempah-rempah, minyak aromaterapi, dan bahan tambahan lainnya.

Kemudian, semua bahan tersebut direbus di dalam satu wadah yang terbuat dari tanah liat. Uap dari rebusan itulah yang digunakan untuk menguapi vagina. Pada umumnya, perempuan yang hendak menikah melakukan perawatan ratus vagina secara rutin.

Bicara mengenai ratus vagina yang dipercaya mampu mengusir bau tidak sedap dan merapatkan vagina, hal tersebut tidak pernah terbukti secara ilmiah. Vagina yang telah kendur hanya bisa dirapatkan secara efektif melalui metode operasi. Penguapan saat ratus vagina tidak akan memberikan pengaruh terhadap kerapatan vagina.

Perawatan ratus juga tidak berpengaruh terhadap aroma vagina. Pada umumnya, aroma vagina yang tidak sedap muncul dari infeksi. Infeksi hanya bisa ditangani dengan pengobatan secara medis dan rutin menjaga kebersihan vagina.

Bila melakukan ratus dengan peralatan yang tidak terjamin kebersihannya, maka vagina bisa jadi rentan terkena iritasi. Infeksi juga dapat terjadi akibat uap hangat.

Kalau Anda memang ingin mencoba perawatan ratus vagina, Anda perlu mencari tempat yang benar-benar terjamin kebersihannya. Selain itu, hentikan segera perawatan ratus bila mengalami keluhan gatal, nyeri, perih, atau kemerahan yang menandakan iritasi pada area kewanitaan.

[BA/ RVS]