Bolehkah Tomat Dikonsumsi saat Perut Kosong?

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 11 Agu 2017, 16:34 WIB
Ada yang bilang bahwa tomat tak boleh dimakan saat perut kosong. Berikut ini adalah fakta medisnya.
Bolehkah Tomat Dikonsumsi saat Perut Kosong?

Klikdokter.com, Jakarta Siapa yang tak kenal tomat? Buah berwarna merah pekat dengan rasa yang asam segar ini sering digunakan sebagai pelengkap dalam masakan, atau dimakan dalam keadaan mentah. Begini cara mengonsumsi tomat yang benar.

Tomat mentah memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada tomat yang dimasak. Pasalnya, tomat mentah mengandung berbagai antioksidan, vitamin, mineral, serta efek antiradang yang bermanfaat untuk menurunkan risiko strok, diabetes, dan kanker.

Saat tomat dimasak, kandungan nutrisi tersebut masih ada tetapi turun jumlahnya. Agar mendapatkan manfaat yang optimal dari tomat, dianjurkan untuk mengonsumsi tomat ukuran sedang setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Makan tomat sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Saat perut kosong pun tomat boleh dikonsumsi. Bahkan, tomat adalah salah satu alternatif menu sarapan yang baik karena mengenyangkan, kaya nutrisi, dan rendah kalori.

Meski demikian, sifat asam yang terkandung dalam tomat memang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di ulu hati pada penderita asam lambung atau gangguan lambung lainnya.

Kebiasaan mengonsumsi tomat secara rutin dapat Anda jalankan agar kesehatan tubuh lebih terjaga. Pada orang yang tak memiliki gangguan lambung, tomat boleh dimakan kapan saja. Sementara itu, pada penderita mag, tomat sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.

[RS/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter