Daun Sirih Sebabkan Vagina Kering? Ini Faktanya

Oleh dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid pada 25 Agu 2017, 17:00 WIB
Daun sirih dipercaya dapat mengatasi keputihan. Konon, daun ini juga dapat menyebabkan vagina kering. Seperti apa faktanya?
Daun Sirih Sebabkan Vagina Kering? Ini Faktanya

Klikdokter.com, Jakarta Sejak dahulu, daun sirih dikenal sangat berkhasiat, khususnya dalam menjaga kesehatan area kewanitaan. Namun di balik itu, daun ini juga disebut-sebut sebagai salah satu penyebab vagina kering.

Tidak bisa disangkal, daun sirih memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ini dibuktikan oleh Journal of Medical Plant Studies, yang mengatakan bahwa daun sirih berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur.

Karena itulah daun sirih dinyatakan sangat berguna untuk mengobati infeksi. Bahkan, para peneliti menduga bahwa zat antiseptik yang ada di dalam daun ini juga dapat membantu mencegah dan mengatasi keputihan yang tidak normal.

Terkait anggapan yang menyebutkan bahwa daun sirih dapat menyebabkan vagina kering, sebenarnya mitos atau fakta?

 

1 of 2

Mitos atau fakta?

Sesungguhnya anggapan bahwa daun sirih dapat menyebakan vagina kering hanyalah mitos belaka. Pasalnya, vagina kering adalah suatu kondisi yang terjadi akibat menurunnya kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita.

Penurunan kadar estrogen itu sendiri bisa karena menopause, melahirkan atau menyusui, dan penggunaan kontrasepsi hormonal tertentu. Ada juga kondisi medis yang menyebabkan vagina kering, yakni:

Vagina terpapar detergenPernah menjalani operasi pengangkatan indung telur atau ovariumPenderita alergiMemiliki penyakit diabetes mellitusSedang dalam program pengobatan kanker seperti radioterapi atau kemoterapiSementara itu, penggunaan daun sirih tidak memengaruhi kadar hormon estrogen sama sekali.

Bukti ilmiah di atas menunjukkan bahwa daun sirih tidak terbukti menyebabkan vagina kering. Daun ini justru dapat berperan sebagain antiseptik alami yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab keputihan tidak normal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda, ya.

(NB/ RH)

Lanjutkan Membaca ↓