Awas, Minuman Bersoda Bisa Cetuskan Demensia

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 31 Agu 2017, 11:55 WIB
Tahukah Anda bahwa minuman bersoda dapat mencetuskan penyakit demensia? Ini faktanya.
Awas, Minuman Bersoda Bisa Cetuskan Demensia

Klikdokter.com, Jakarta Demensia merupakan suatu kondisi, yang menyebabkan penurunan kemampuan fungsi otak. Diketahui bahwa salah satu hal yang dapat menyebabkan kondisi ini adalah konsumsi minuman bersoda terlalu sering.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Stroke mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi minuman soda setiap hari memiliki risiko tiga kali lipat menderita demensia.

Hal itu karena minuman bersoda memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Bila dikonsumsi terlalu sering, minuman jenis ini akan meningkatkan lonjakan gula darah di dalam tubuh. Akibat lonjakan gula darah tersebut, insulin akan bekerja lebih keras. Akibatnya semakin lama fungsinya akan semakin menurun. Hingga akhirnya, terjadilah diabetes tipe-2.

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit metabolik yang salah satu komplikasinya berupa penurunan fungsi sel saraf dan pembuluh darah. Hal ini turut memengaruhi penurunan fungsi otak untuk menafsirkan pesan yang diterima. Jadi, cepat atau lambat, proses ini dapat menyebabkan terjadinya demensia.

Setelah mengetahui fakta di atas, sebaiknya Anda membatasi konsumsi minuman bersoda atau sumber asupan manis lainnya. Dengan demikian, risiko diabetes maupun demensia menjadi lebih kecil.

[NB/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter