Senam Kaki Diabetes Lancarkan Sirkulasi Darah

Oleh Kartika Tarigan pada 06 Sep 2017, 14:46 WIB
Lakukan senam kaki diabetes dengan gerakan sederhana ini untuk lancarkan sirkulasi darah.
Senam Kaki Diabetes Lancarkan Sirkulasi Darah

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit diabetes sering membuat penderitanya merasa lemas berlebihan dan berujung pada rasa malas untuk bergerak. Padahal, gerakan-gerakan tubuh diperlukan untuk menjaga tubuh penderita diabetes tetap bugar dan mencegah komplikasi penyakit, termasuk senam kaki diabetes agar sirkulasi darah, terutama di bagian kaki, lebih lancar.

Mengutip dari jurnal kesehatan Universita Sriwijaya, senam kaki diabetes adalah latihan yang dilakukan untuk membantu melancarkan peredaran darah bagian kaki. Selain itu, gerakan dari senam kaki ini juga dapat memperkuat otot kaki serta meningkatkan kekuatan otot paha, betis, dan mengatasi keterbatasan dalam pergerakan sendi.

Selain itu, senam kaki diabetes juga dapat membantu mencegah kelainan pada kaki penderita diabetes dan menghindari kompliasi kaki diabetik (diabetic foot).

Cara melakukan senam kaki

Sebelum melakukan senam diabetes, Anda harus siapkan satu buah kursi dan dua lembar kertas koran. Kedua benda ini akan menjadi alat bantu selama Anda melakukan gerakan-gerakan senam kaki diabetes yang akan memakan waktu sekitar 30-45 menit.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah duduk di atas kursi dengan tegak dan dalam posisi senyaman mungkin. Pastikan kedua telapak kaki Anda menyentuh lantai.

  1. Gerakan pertama yang dilakukan adalah mengangkat telapak kaki Anda, kemudian naikkan telapak kaki dengan tumit yang masih menempel di lantai. Setelah itu, kembali sentuh lantai dengan telapak kaki. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali.

  2. Gerakan kedua, angkat salah satu telapak kaki ke atas, dengan tumit menempel di lantai. Sementara pada kaki lainnya, lakukan gerakan sebaliknya, yaitu mengangkat tumit dengan telapak kaki menempel di lantai. Secara bergantian, pindahkan posisi tersebut pada kedua kaki Anda. Lakukan gerakan sebanyak 10 kali.

  3. Setelah itu, biarkan tumit Anda tetap menempel di lantai. Lalu naikkan telapak kaki ke atas dan lakukan gerakan memutar dengan telapak kaki. Ulangi gerakan itu sebanyak 10 kali.

  4. Untuk gerakan selanjutnya, angkatlah salah satu lutut Anda dan luruskan. Gerakkan jari-jari Anda ke depan. Lakukan secara bergantian pada kaki lainnya. Lakukan gerakan ini masing-masing 10 kaki untuk setiap kaki.

  5. Angkat kedua lutut Anda kemudian luruskan. Ayunkan keduanya secara bersamaan ke atas dan ke bawah dan ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali.

  6. Angkat salah satu kaki Anda dan luruskan. Dengan ujung kaki, gambarlah di udara angka 0 sampai angka 10 secara bergatian.
    Lakukan hal yang sama terhadap kaki yang lain.

  7. Kemudian letakkan koran di lantai, tepat di bawah kedua kaki Anda. Dengan kaki-kaki Anda, bentuklah koran tersebut menjadi sebuah bulatan seperti bola. Kemudian, dengan kedua kaki kembalikan koran tersebut ke bentuk semula. Gerakan ini dilakukan hanya sekali.

  8. Setelah itu, robeklah bagian koran menjadi 2, dan beri sedikit jarak di antaranya. Lalu robeklah salah satu bagian kertas menjadi bagian-bagian kecil dengan kedua kaki Anda. Pindahkan dengan kedua kaki sobekan-sobekan kecil itu ke kertas yang masih utuh.

Setelah terkumpul, kembali bentuk koran (yang telah terisi sobekan kecil) menjadi sebuah bola.

Mudah dan sederhana bukan? Mari lakukan senam kaki diabetes ini untuk melancarkan sirkulasi darah. Senam ini juga baik dilakukan oleh Anda yang tidak memiliki penyakit diabetes untuk kesehatan tubuh yang lebih prima.

[NP/ RVS]