Benarkah Konsumsi Wine Bisa Turunkan Risiko Diabetes?

Oleh dr. Sara Elise Wijono MRes pada 06 Sep 2017, 17:44 WIB
Studi terbaru menemukan hal menarik terkait dengan wine dan diabetes. Benarkah konsumsi wine dapat menurunkan risiko diabetes?
Benarkah Konsumsi Wine Bisa Turunkan Risiko Diabetes?

Klikdokter.com, Jakarta Banyaknya populasi penderita diabetes membuat topik ini selalu menarik untuk dibahas. Jika biasanya berfokus pada pengobatan, kini cara berpikir sudah beralih tentang bagaimana menghindari penyakit diabetes. Peneliti pun berusaha menemukan cara-cara untuk menurunkan resiko terkena diabetes, termasuk konsumsi wine untuk menurunkan risiko diabetes.

Penelitian terbaru yang dilakukan di Denmark mengikuti partisipan selama lima tahun. Kesimpulan studi ini pun menarik, yaitu konsumsi alkohol (wine) secara moderat selama tiga hingga empat kali seminggu dapat menurunkan risiko diabetes. Bagi wanita risiko diabetes turun hingga 32% dan bagi pria turun sampai 27%.

Walaupun penemuan ini sangat menarik, tidak berarti hal tersebut mencerminkan anjuran untuk mengonsumsi alkohol secara bebas. Perlu Anda ingat bahwa mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit pada saluran pencernaan (seperti penyakit hati dan pankreatitis), jantung, juga kanker.

Oleh sebab itu disarankan untuk tetap mengikuti aturan yang disarankan, yaitu tidak melebihi 14 unit alkohol per minggu. Takaran ini kurang lebih setara dengan 10 gelas kecil wine berkekuatan rendah, selama tiga hari atau lebih dalam seminggu, dimana terdapat hari-hari bebas konsumsi alkohol.

Penemuan terbaru ini menambah manfaat dari wine. Sebelumnya wine dipercaya bisa membantu memperbaiki HDL (kolesterol baik) dalam tubuh dan juga memiliki efek protektif terhadap kesehatan jantung. Wine, terutama yang berwarna merah, memiliki kandungan polyphenol yang dipercaya dapat membantu regulasi gula darah dalam tubuh.

Jika Anda ingin mempraktekkan konsumsi wine secara rutin, ada beberapa hal yang perlu diingat terlebih dahulu:

  • Jika Anda mengonsumsi obat rutin, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mengonsumsi wine, karena beberapa jenis obat berinteraksi dengan alkohol.
  • Monitor terus kadar gula darah Anda secara rutin.

  • Jangan minum wine tanpa konsumsi makanan terlebih dahulu.

Hal penting yang perlu Anda ingat, konsumsi wine tidak mungkin dengan serta merta dapat menghindarkan Anda dari risiko penyakit diabetes. Anda tetap perlu menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan, agar selalu fit.

[DA/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter