Ternyata Insomnia Ibu Bisa Menular pada Anak

Oleh Kartika Tarigan pada 13 Sep 2017, 09:25 WIB
Seorang ibu yang mengalami insomnia ternyata bisa menularkan kebiasaan itu pada sang anak. Ini penjelasannya!
Ternyata Insomnia Ibu Bisa Menular pada Anak

Klikdokter.com, Jakarta Kesulitan tidur di malam hari alias insomnia yang dialami seorang ibu, ternyata bisa dikaitkan dengan pola tidur anak. Menurut sebuah penelitian, ibu yang mengalami insomnia mungkin akan menularkan kebiasaan tersebut kepada sang anak.

Dikutip dari Liputan6.com, saat seorang ibu mengalami insomnia, maka kualitas tidur anak akan ikut terganggu. Artinya anak-anak tersebut memiliki kualitas tidur yang buruk.

Penelitian tersebut dilakukan oleh sekelompok peneliti di University of Basel di Swiss dan Sakari Lemola dari University of Warwick di Inggris. Penelitian dilakukan dengan batuan alat electroencephalography (EEG).

Para peneliti memasang alat tersebut dan mengamati kebiasaan tidur dari 200 anak dengan ibu insomnia. Anak-anak yang diteliti ini rata-rata berusia 7-12 tahun dan memiliki badan yang sehat. Dengan bantuan alat EGG, para peneliti menemukan hubungan antara insomnia ibu dan pola tidur anak.

Alat EGG merekam anak dengan ibu insomnia cenderung memiliki waktu tidur yang lebih pendek alias tidak memenuhi standar 8 jam tidur dalam satu hari. Selain itu, anak juga terlihat tidak nyaman dan memiliki tidur yang tidak nyenyak. Dan hal itu ternyata ditularkan dari kebiasaan insomnia ibu.

Di samping itu, penelitian ini menemukan hal menarik lainnya terkait kebiasaan tidur anak. Meski sangat tergantung dengan kebiasaan ibu, anehnya kebiasaan tidur ayah sama sekali tidak berpengaruh. Penelitian ini menunjukkan bahwa tak satupun masalah tidur yang dialami ayah ditiru dan diikuti sang anak.

Para peneliti meyakini hal ini mungkin terjadi karena anak-anak umumnya menghabiskan lebih banyak waktu bersama ibu ketimbang ayah.

Dengan demikian, anak cenderung lebih meniru apa yang dilakukan dan dialami oleh ibunya. Peneliti juga menarik kesimpulan bahwa kebiasaan anak-anak – termasuk kebiasaan tidur dan lainnya – banyak dipengaruhi oleh gen orang tua, terutama ibu.

Setelah mengetahui hal ini, sebagai seorang ibu, Anda bisa mulai untuk mencoba mengubah kebiasaan tidur Anda. Sebab kurang tidur, terutama pada anak-anak, dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan dan melakukan kegiatan yang dapat merangsang rasa kantuk, seperti susu hangat atau pisang, membaca buku hingga mendengarkan musik. Ajak juga anak Anda untuk melakukan hal itu sehingga ia cepat terlelap dan tertidur dengan pulas.

Baca artikel serupa di sini.

[RS/ RVS]

yosfikyosfik

jangan boong kamu michi, ayo kerja!

michimawanmichimawan

bahaya juga ya kalau bisa menular, ibu harus pintar pintar ni membuat anak gak insomnia