6 Kiat Ini Bantu Usir Pikiran Negatif

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 13 Sep 2017, 09:34 WIB
Anda sering berpikiran negatif? Inilah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk mengusir pikiran negatif.
6 Kiat Ini Bantu Usir Pikiran Negatif

Klikdokter.com, Jakarta Setiap manusia pasti pernah memiliki pikiran negatif. Ketika hal ini terjadi, banyak orang berusaha untuk menghentikannya. Tapi tahukah Anda bahwa pendekatan dengan cara ini justru bisa menjadi bumerang? Karena semakin Anda mencoba untuk menyingkirkan pikiran negatif tersebut, maka semakin Anda memikirkannya.

Memikirkan hal-hal negative terus menerus dapat membuat Anda menjadi kontraproduktif. Pada beberapa kasus, hal ini bahkan dapat menyebabkan depresi kronis.

Untuk mengatasinya, lakukan beberapa kiat berikut ini untuk membersihkan pikiran Anda dari pemikiran negatif:

  1. Ubah bahasa tubuh

    Selain dapat menyebabkan Anda kurang percaya diri, bahasa tubuh yang tidak baik juga dapat menurunkan citra diri Anda. Duduklah dengan tegak dan rajinlah untuk tersenyum. Jika bahasa tubuh sudah diperbaiki, percayalah, cara ini bisa menjauhkan Anda dari pikiran negatif.

  2. Bicaralah dengan orang lain

    Pikiran negatif bisa muncul karena Anda memiliki emosi yang perlu untuk dikeluarkan. Jangan simpan semua masalah sendiri. Anda harus membicarakan masalah tersebut dengan orang lain.

  3. Luangkan waktu satu menit

    Bila pikiran berjalan terlalu cepat dan Anda sulit mengikutinya, cara terbaik untuk mengendalikannya adalah dengan melakukan meditasi. Atau ganti aktivitas Anda ke arah yang lebih positif.

  4. Nikmati minuman hangat

    Pikiran negatif dapat terjadi karena berbagai alasan. Peneliti Yale menemukan bahwa orang akan mengingat sedikit perasaan negatif saat mengonsumsi sesuatu yang panas.

  5. Mengubah situasi

    Jika Anda terjebak di bandara selama beberapa jam, karena ada penerbangan yang dibatalkan, jangan memikirkan apa yang Anda lewatkan sebagai suatu musibah. Tapi lihatlah sebagai kesempatan untuk menyelesaikan pekerjaan yang sempat tertunda. Atau Anda bisa menghubungi keluarga atau teman lama Anda.

  6. Menulis

    Menurut sebuah studi di Ohio State University, Anda dapat menuliskan hal-hal negatif pada diri Anda di atas selembar kertas. Lalu buanglah catatan itu ke tempat sampah. Langkah ini dipercaya dapat memunculkan perasaan positif dan bisa membuat perbedaan dalam cara berpikir.

Nah, itulah beberapa kiat yang bisa Anda lakukan untuk mengusir pikiran negatif yang bersarang di kepala. Jadi, jangan sampai pikiran buruk tersebut yang justru menguasai kehidupan Anda.

[DA/RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter
Salsya KhairunnisaSalsya Khairunnisa

Kalau stess nya gak bisa mengatur waktu disaat pekerjaan menumpuk. Dan akhirnya ngelakuin pekerjaan tersebut dengan beban yanv buruk..... Gimana ngatasinya dong?