Amankah Memandikan Bayi di Malam Hari?

Oleh Kartika Tarigan pada 13 Sep 2017, 09:40 WIB
Memandikan bayi di malam hari dituding dapat menyebabkan sederet penyakit. Benarkah pendapat ini?
Amankah Memandikan Bayi di Malam Hari?

Klikdokter.com, Jakarta Sepanjang hari, bahkan hingga beberapa saat menjelang tidur malam, bayi melewati dan mempelajari banyak hal. Akibatnya, tubuh bayi pun bisa terpapar debu dan kotoran, sehingga membuatnya tak betah atau sulit tidur. Salah satu solusinya adalah dengan membersihkan atau memandikan bayi menjelang tidur malam. Tapi, amankah tindakan ini?

Pada dasarnya, mandi bertujuan untuk membersihkan tubuh agar terhindar dari kuman, keringat dan kotoran yang menumpuk di kulit. Untuk mendapatkan manfaat mandi secara optimal, lakukan dengan teliti dan sesuai dengan kondisi saat mandi dilakukan.

Jadi, memandikan bayi di malam hari merupakan tindakan yang sebenarnya tidak disalahkan. Asalkan Anda harus mengerti situasi dan kondisi saat melakukannya. Misalnya, ketika Anda memandikan bayi di malam yang cukup dingin atau turun hujan, maka mandikan bayi dengan air yang tidak terlalu dingin.

Jika dilakukan dengan cara yang tepat, memandikan bayi di malam hari justru bisa membantu bayi mudah terlelap, dan memiliki tidur yang lebih berkualitas. Terlebih lagi jika menggunakan air hangat, dan dibarengi dengan pijatan-pijatan lembut.

Namun pastikan suhu air yang digunakan untuk memandikan bayi di malam hari cocok dengan kondisi kulitnya. Sebaiknya gunakan air hangat yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Ini karena air yang terlalu panas dapat menyebabkan kulit bayi menjadi kering, bahkan kemerahan dan iritasi.

Tapi, jika dirasa tidak terlalu dibutuhkan, cobalah untuk mengurangi frekuensi memandikan bayi di malam hari. Sebab, terlalu sering memandikan bayi dapat membuatnya mengalami masalah kulit, seperti kulit kering dan iritasi.

Menurut Profesor Aziz Sheikh, ketua peneliti di Universitas Edinburgh, terlalu banyak mandi dapat membuat kulit kehilangan minyak, dan sejumlah bakteri baik yang berfungsi mencegah penyakit. Dan jika Anda terlalu sering memandikan bayi, bukan tidak mungkin bayi justru berisiko bayi terkena alergi.

Untuk menyiasatinya, bersihkan tubuh bayi dengan mengusapkan handuk basah, kemudian ganti pakaiannya. Jika tubuh bayi benar-benar kotor dan berkeringat, memandikan bayi di malam hari bisa menjadi pilihan yang tepat. Namun usahakan untuk tidak melakukannya di atas pukul 20.00.

[NB/ RVS]

Silahkan Tap "Tanya Dokter" Untuk Mengajukan Pertanyaan

Tanya Dokter