Kapan Waktu yang Tepat untuk Hipnoterapi?

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 13 Sep 2017, 09:44 WIB
Anda tertarik untuk menggunakan metode hipnoterapi tapi masih bimbang menentukan waktunya? Inilah saat yang tepat untuk melakukannya.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Hipnoterapi?

Klikdokter.com, Jakarta Hipnoterapi adalah tipe terapi yang menggunakan hipnosis, dimana terapi ini digunakan untuk mengubah kesadaran seseorang. Terapi ini menuntut seseorang untuk menciptakan konsentrasi tinggi mengenai fokus yang ingin dicapai.

Inti dari hipnosis adalah tentang pengendalian pikiran. Pengendalian pikiran ini dilakukan untuk melakukan perubahan menuju cara hidup yang lebih baik. Lantas, kapan seseorang membutuhkan hipnoterapi?

  1. Kecemasan, kehamilan, dan persalinan

    Hipnoterapi sering digunakan secara luas untuk mengatasi kegelisahan. Hipnoterapi terbukti telah mencegah kecemasan pada kehamilan dan mengurangi rasa sakit saat persalinan. Pada dasarnya, stres dan kecemasan sangat berhubungan dengan rasa sakit.

    Hipnoterapi sepenuhnya dapat menyembuhkan kecemasan dan gangguan panik, serta dapat mengubah cara pandang Anda dalam menangani sebuah permasalahan.

  2. Menghilangkan kecanduan rokok

    Hipnoterapi merupakan pilihan terbaik untuk mengatur kehidupan Anda agar lebih baik. Hipnoterapi dipercaya dapat membebaskan Anda dari segala macam kecanduan, seperti merokok atau minum-minuman beralkohol.

  3. Mengatasi fobia

    Setiap orang pasti pernah mengalami ketakutan. Ketakutan yang berlebihan tidak jarang menyebabkan depresi, kecemasan, serta kepanikan yang parah. Nah, hipnoterapi dipercaya dapat membantu menghilangkan ketakutan yang mengganggu pikiran Anda.

  4. Menurunkan berat badan

    Hipnoterapi bertujuan untuk menguatkan kemauan seseorang untuk menjalankan program dietnya secara rutin dan baik. Hipnoterapis akan membantu untuk menguatkan keinginan dalam menyukseskan program diet Anda.

  5. Menangani nyeri

    Hipnoterapi sering direkomendasikan sebagai metode terapi yang paling efektif dan banyak digunakan di klinik-klinik untuk mengatasi
    gejala nyeri kronis.

    Bahkan, hipnoterapi dapat mengurangi atau menghilangkan rasa sakit dari bagian tubuh yang terasa nyeri. Hipnosis dipercaya memiliki kekuatan untuk menghilangkan rasa sakit yang ada di otak, yaitu nyeri psikologis atau nyeri virtual.

Perlu diketahui, hipnoterapi sebaiknya tidak digunakan pada penderita kelainan jiwa karena akan membuat kondisinya semakin memburuk. Meskipun hipnosis bukan prosedur yang berbahaya, namun tetap harus dilakukan oleh seorang profesional yang bersertifikat khusus.

[RS/ RVS]