6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anda

Oleh Gerardus Septian Kalis pada 11 Okt 2017, 14:15 WIB
Anda perlu mengasah kecerdasan emosional agar dapat mengendalikan stres, meredakan konflik, dan berempati dengan orang lain.
6 Cara untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anda

Klikdokter.com, Jakarta Kecerdasan emosional (EQ) adalah kemampuan mengenali dan merasakan emosi diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, dapat membina hubungan yang baik dengan sesama. Alhasil, semua kegiatan yang berkaitan dengan kelompok dapat berjalan lancar.

Anda bisa mengasah kecerdasan emosional dengan terus belajar. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat meningkatkan kecerdasan emosional Anda:

1. Pengendalian diri

Pengendalian diri yang baik memastikan Anda untuk bertindak dengan tepat dalam setiap situasi. Saat sedang emosi, Anda mungkin bisa menangis atau melakukan hal-hal di luar kewajaran. Menyalurkan emosi ke dalam suatu aktivitas yang positif adalah solusi tepat.

Anda jangan sampai menekan emosi saat berusaha untuk mengendalikannya. Bersikaplah wajar terhadap semua emosi yang menghampiri perasaan Anda. Tarik napas dalam-dalam agar tetap tenang.

2. Menumbuhkan motivasi

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional tinggi tetap akan termotivasi, bahkan saat hal-hal tidak berjalan sesuai dengan keinginan. Mereka adalah orang-orang yang mampu mengatasi kemunduran dan selalu bersikap tegar dalam menghadapi target yang tidak sesuai tujuan. Sementara orang-orang yang sangat ambisius belum tentu cerdas secara emosional.

3. Bersikap empati

Empati bukan hanya tentang merasakan apa yang orang lain rasakan, tetapi juga tentang memahami sudut pandang, tantangan, dan kekuatan orang lain. Anda tidak harus setuju dengan sudut pandang orang lain, tapi hal ini akan membantu Anda menyadari mengapa orang bertindak seperti itu.

Di samping itu, percakapan tentang bagaimana perasaan orang lain mungkin terdengar seperti buang-buang waktu, tapi sebenarnya hal ini membantu meningkatkan produktivitas.

4. Jangan bersikap reaktif

Setiap orang pasti pernah dihadapkan pada situasi yang menyebalkan. Hal ini tentu dengan mudah memengaruhi suasana hati dan merusak hari Anda. Oleh karena itu, cobalah untuk menenangkan diri sebelum berbicara dengan orang yang sering memicu emosi negatif. Anda tetap perlu menekankan bahwa ada konsekuensi untuk segala hal.

5. Keterampilan berkomunikasi

Kemampuan untuk menciptakan obrolan ringan dapat membantu hubungan baik, dan membangun suasana nyaman dengan orang lain. Berkomunikasi tidak hanya dilakukan secara verbal melalui ucapan. Anda juga bisa berkomunikasi dan memahami orang lain dari bahasa tubuh maupun mimik wajah.

6. Berpikir terbuka

Dengan berpikir terbuka, Anda mampu menerima kritik dan saran dari orang lain. Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang rendah cenderung tertutup dengan kritik dan saran dari orang lain. Mereka beranggapan bahwa apa yang mereka kerjakan selalu benar. Padahal kritik dan saran bertujuan untuk membangun dan memperbaiki kekurangan Anda.

Mengasah kecerdasan emosional memang sangat penting. Sebab, kecerdasan emosional yang mumpuni dapat membuat Anda mampu berkomunikasi secara efektif, berempati dengan orang lain, mengatasi kesulitan, mengendalikan stres, dan meredakan konflik.

[BA/ RVS]